Connect with us

18 Tahun Jumeneng Sultan Raja Muhammad Emirudin Kesultanan Kanoman

Berita Cirebon Radio

18 Tahun Jumeneng Sultan Raja Muhammad Emirudin Kesultanan Kanoman

LEMAHWUNGKUK [89,2 CR] – Delapan belas tahun silam secara resmi Kanjeng Gusti Sultan Raja Muhammad Emirudin jumeneng ing dalem mande mastaka Keraton Kanoman. Tepat pada tanggal 6 Maret 2003, upacara sakral jumenengan Sultan Kanoman ke XII dilaksanakan oleh sesepuh, famili, ulama, penghulu keraton, abdi dalam, para kuncen serta diikuti oleh ribuan masyarakat yang turut serta menyaksikan secara langsung prosesi penobatan tersebut.

Juru Bicara Kesultanan Kanoman, Ratu Raja Arimbi Nurtina, ST., M.Hum mengatakan, hingga saat ini Kesultanan Kanoman secara konsisten tetap menjaga papakem tata aturan tradisi dan adat yang telah berlangsung selama ratusan tahun, yang telah menjadi bagian penting dari produk sejarah Kesultanan Kanoman, termasuk dalam proses menentukan pergantian Sultan sebagai pemimpin tertinggi di Kesultanan Kanoman.

“Kami senantiasa menjaga apa yang menjadi peninggalan leluhur. Karena itu sebagai bentuk kecintaan kepada Keraton Kanoman dan melestarikan adat tradisi yang sudah diberikan turun temurun,” kata dia kepada Cirebon Radio, Minggu (7/03/21).

Namun pada tahun ini, dengan masih merebaknya wabah COVID-19 Kesultanan Kanoman tidak melaksanakan upacara peringatan ulang tahun jumenengan yang ke delapan belas.

“Semoga dengan ikhtiar juga doa kita semua pandemi Virus Corona bisa segera berlalu dan masyarakat bisa kembali beraktifitas seperti biasa,” harap dia. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top