Connect with us

Dua Positif Di Pasar Pagi, Perumda Pasar Terapkan Protokol Covid-19 Ketat

Berita Cirebon Radio

Dua Positif Di Pasar Pagi, Perumda Pasar Terapkan Protokol Covid-19 Ketat

KOTA CIREBON [89,2 CR] – Pasca positif kasus Covid-19 di pasar Pagi Kota Cirebon, Perumda Pasar langsung bergerak melakukan pencegahan. Pasar di Kota Cirebon wajib menerapkan protokol Covid-19 secara ketat, bahkan menerapkan satu pintu masuk di area pasar.

Direktur Utama Perumda Pasar, Akhyadi menjelaskan, pihaknya sudah menyampaikan kepada seluruh kepala pasar wajib menerapkan protokol Covid-19. Hal ini agar kasus serupa tidak terulang, terlebih pasar sebagai tempat mobilisasi masyarakat dari berbagai wilayah.

“Sudah kami tegaskan, kepala pasar wajib terapkan protokol Covid-19. Yang positif sudah diisolasi dan bukan pedagang asli namun pendatang,” katanya kepada awak media, Selasa (7/7/20).

Protokol Covid-19 yang wajib diterapkan yakni menggunakan masker, cuci tangan dan sebelum masuk dicek suhu badan dengan thermo gun. Bukan hanya itu pedagang wajib ikut rapid test dan melakukan penyemprotan berkala di dalam pasar. Bagi yang menolak maka dilarang berdagang.

“Baik pedagang dan pembeli wajib dalam kondisi sehat. Kalau ada rapid test wajib ikut, kalau menolak kami berikan teguran dan sanksi,” tegas dia.

Di dalam pasar lanjut Akhyadi, sudah dilengkapi dengan tempat cuci tangan (wastafel) sehingga tidak ada alasan mereka melanggar. Petugas di dalam pasar juga siaga 24 jam untuk mencegah Covid-19 menular ke pedagang dan pembeli.

“Hampir 10 pasar sudah dilengkapi semua. Tinggal masyarakat wajib menaati aturan tersebut, jika melanggar maka sudah mengetahui akibatnya,” paparnya.

Sementara di pasar Pagi, pedagang tetap beraktivitas seperti biasa. Namun yang berbeda kini pedagang menerapkan protokol Covid-19 dengan ketat.

Seperti diketahui hasil swab test massal dua orang pedagang pasar Pagi dinyatakan positif Covid-19. Pedagang tersebut ber-KTP Jakarta Barat tinggal di Permata Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon. Setelah diketahui positif pedagang itu langsung dibawa ke RSUD Gunung Jati untuk menjalani isolasi. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top