Connect with us

70 Benda Cagar Budaya di Kota Cirebon Belum Terawat dengan Baik

Berita Cirebon Radio

70 Benda Cagar Budaya di Kota Cirebon Belum Terawat dengan Baik

KESAMBI [89,2 CR] – Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon mencatat ada 70 bangunan di Kota Udang yang telah ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya (BCB).

Sekretaris DKOKP Kota Cirebon, Adin Imanudin mengatakan penetapan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Cirebon Nomor 19 Tahun 2001. Dari jumlah tersebut dua diantaranya sudah tidak terawat yakni bekas Pabrik Es Lawanggada dan bekas Hotel Grand.

“Sampai dengan saat ini belum ada lagi Peraturan Daerah (Perda) yang baru. Hanya baru 70 yang diputuskan dalam SK,” ungkapnya kepada Cirebonradio, Kamis (17/9/20).

Saat ini, kepemilikan dan pengelolaan setiap BCB itu berbeda-beda, baik pemerintah, kelompok, maupun perseorangan. BCB yang hampir punah biasanya dikelola oleh perorangan. Karena biaya perawatan cukup tinggi akhirnya dibiarkan lapuk dimakan usia.

“Tanggung jawab menjaga setiap BCB diserahkan sesuai kepemilikan atau penggunanya masing-masing,” ujarnya

Sesuai Undang-Undang setiap pemilik atau pengguna BCB tidak boleh mengubah bentuk, warna, dan bahan bangunan. Bahkan, jika ada kerusakan, maka harus dicari bahan bangunan yang sama atau kemiripannya mendekati. Soal fungsi bangunan sendiri setiap pemilik atau pengguna dibebaskan memanfaatkannya sesuai kebutuhan masing-masing.

“Wajib memerhatikan larangan yang disebutkan Undang-undang (UU), karena bagi yang merusak ada ancaman pidananya, baik penjara maupun denda,” pungkasnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top