Connect with us

Ada Kebocoran Pendapatan Parkir, Dishub Kota Cirebon Rencanakan Parkir Elektronik

Berita Cirebon Radio

Ada Kebocoran Pendapatan Parkir, Dishub Kota Cirebon Rencanakan Parkir Elektronik

KESAMBI [89,2 CR] – Dipicu kepadatan kendaraan yang parkir di Kota Cirebon, Dinas Perhubungan (Dishub) berencana menerapkan parkir elektronik. Selama ini potensi parkir cukup besar, hanya belum digali secara optimal.

Kepala Kadishub Kota Cirebon Yoyon Indrayana mengatakan, potensi pendapatan parkir di bahu jalan yang menjadi supervisinya belum maksimal. Padahal kenyataan di lapangan, jalanan di Kota Cirebon selalu penuh kendaraan.

“Jumlah kendaraan yang parkir di bahu jalan sangat banyak, kalau digali bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ujarnya kepada awak media, Jumat (12/06/20).

Yoyon tidak menampik kemungkinan adanya kebocoran pendapatan parkir. Artinya banyak yang tidak masuk ke kas daerah perparkiran. Hal ini yang menjadi salah satu prioritas tugasnya saat ini. Memang tidak mudah merubah perparkiran konvensional menjadi lebih modern.

“Iya, untuk mengoptimalkan pendapatan perparkiran di bahu jalan, harus ada terobosan dan inovasi pengelolaan. Kita akan rencanakan dengan parkir elektronik,” katanya.

Pengguna layanan parkir, lanjutnya, membayar dengan cara elektronik. Bisa dengan gopay atau dengan layanan uang elektronik lainnya. Petugas parkir akan diperhitungkan bayaran. Dan tidak boleh menagih uang parkir, tugasnya hanya membantu memandu kendaraan yang masuk dan keluar parkir.

Tidak semua bahu jalan akan dipasang parkir elektronik. Tapi, pihaknya sudah menentukan zona parkir, dan ini yang menjadi titik sasarannya. Ini sudah masuk dalam Perda Perparkiran yang juga sebagai dasar hukum untuk parkir elektronik ini.

“Tidak semua masuk zona parkir, ada titik jalan tertentu saja yang akan diberlakukan. Dan penerapannya juga secara bertahap. Melibatkan petugas parkir yang sudah ada, dengan memberi pelatihan dan atribut resmi dari dishub,” pungkasnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top