Connect with us

Akan Menjadi Tujuan Wisata, FPLH Tata RTH di Pelabuhan Cirebon

Berita Cirebon Radio

Akan Menjadi Tujuan Wisata, FPLH Tata RTH di Pelabuhan Cirebon

LEMAHWUNGKUK [89,2 CR] – Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Pelabuhan Cirebon lebih tertata. Apalagi wilayah ini akan menjadi bagian dari objek wisata kota tua. Kenyamanan pengunjung menjadi prioritas jika nanti terwujud.

Ketua Forum Peduli Lingkungan Hidup (FPLH), Dani Jaelani mengatakan, pihaknya rutin penanaman pohon baik di dalam Pelabuhan Cirebon dan di luar Pelabuhan Cirebon. Banyaknya pepohonan dapat mengurangi dampak polusi udara akibat bongkar muat batu bara di lokasi tersebut.

“Kami gencar untuk selalu melakukan penanaman pohon di Pelabuhan Cirebon karena kami potensi wisata sangat besar jika dikelola dengan baik,” ungkapnya kepada awak media usai penanaman pohon dalam rangka hari lahan basah sedunia, Kamis (18/02/21).

Dari luas pelabuhan yang ada, 40 persen merupakan RTH. Wilayah ini yang harus dipelihara dengan baik. Sehingga saat sudah resmi menjadi objek wisata, lokasi layak digunakan.

“Tidak semua RTH dirawat dengan baik,” ujarnya.

Dia berharap Pelabuhan Cirebon bukan hanya sebagai tempat bongkar muat, namun bisa menjadi destinasi wisata kebanggaan warga Kota Cirebon. Terlebih pelabuhan memiliki ikatan yang kuat dengan histori berdirinya Cirebon.

“Dalam sejarah Pelabuhan Cirebon dianggap sebagai pelabuhan internasional. Dari sejarahnya sudah pasti jadi objek wisata,” kata dia. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top