Connect with us

AKB Mulai Diterapkan, Pengurangan Pajak Bagi WP Di Kota Cirebon Berakhir

Berita Cirebon Radio

AKB Mulai Diterapkan, Pengurangan Pajak Bagi WP Di Kota Cirebon Berakhir

LEMAHWUNGKUK [89,2 CR] – Masa pengurangan pajak daerah dan penghapusan sanksi administrasi denda pajak daerah bagi Wajib Pajak (WP) di Kota Cirebon akan habis. Selanjutnya Badan Keuangan Daerah (BKD) kembali memungut pajak kepada WP normal seperti semula. Hanya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang tengah dikaji apakah mendapat keringanan atau tidak.

Kepala BKD Kota Cirebon, Agus Mulyadi menyampaikan bahwa masa pengurangan selama tiga bulan di tengah pandemi Covid-19 telah habis. Pengurangan yang diberikan pada bulan April, Mei dan Juni. Pada bulan Juli petugas pajak dari BKD akan memungut sesuai dengan ketentuan.

“Pembayaran April dibayar Mei, pembayaran Mei dibayar Juni dan pembayaran Juni dibayar Juli, jadi sudah habis pengurangannya,” ungkap Agus, Senin (29/06/20).

Hal tersebut lanjut Agus, telah disepakati oleh para pengusaha restoran, perhotelan, hiburan dan reklame. Apalagi Kota Cirebon mulai menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Berdasarkan hasil pantauan, usaha mereka mulai bangkit secara bertahap.

“Sudah sepakat dan memang AKB mulai berpengaruh kepada perekonomian di Kota Cirebon yang berangsur mulai membaik,” tambah dia.

BKD kata Agus, tengah mengkaji stimulan untuk PBB. Rencananya denda administratif akan diperpanjang dan pengurangan tetap berlaku sampai akhir 2020 hanya bagi yang tidak memiliki tunggakan.

“Tunggakan 2009 ke bawah tetap diberi keringanan dan pengurangan tetap berlaku,” tuturnya.

Agus optimistis target PAD sampai akhir tahun 2020 tercapai, meski sampai dengan akhir Juni baru 42 persen. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top