Connect with us

Anak Jalanan Banyak Bermunculan, Dinsos Kota Cirebon Tidak Bisa Menindak Seluruhnya

Berita Cirebon Radio

Anak Jalanan Banyak Bermunculan, Dinsos Kota Cirebon Tidak Bisa Menindak Seluruhnya

KESAMBI [89,2 CR] – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A) Kota Cirebon membenarkan bahwa anak remaja yang bergerombol di jalan masuk kategori anak jalanan. Namun keberadaan mereka tidak menetap di Kota Cirebon.

Kepala Dinsos-P3A Kota Cirebon, Santi Rahayu mengatakan, pihaknya tidak bisa menindak anak jalanan tersebut karena tidak memiliki wewenang. Dinasnya hanya menampung anak jalanan warga Kota Cirebon, hasil operasi penyakit masyarakat Satpol PP.

“Hanya warga Kota Cirebon yang kami lakukan pembinaan. Kalau mereka bukan warga Kota Cirebon dan sering berpindah-pindah tempat. Penindakan ranahnya dinas terkait,” katanya kepada Cirebon Radio, Selasa (23/02/21).

Diakuinya anak jalanan binaan Dinsos setiap tahun bertambah. Dari 80 orang di tahun 2019 di tahun 2020 sebanyak 170 anak jalanan. COVID-19 menjadi salah satu faktor mereka menjadi anak jalanan.

“Mereka kami bina untuk tidak turun lagi jalan. Upaya yang dilakukan dengan memberikan keterampilan agar bisa bekerja,” jelasnya.

Di tempat yang sama Duta Sosial, Tommy Setiawan menuturkan, binaan yang dilakukan bukan hanya keterampilan, namun pemberian modal kepada orang tua dan bimbingan dari masyarakat. Tanpa ada keterlibatan masyarakat, mereka akan kembali turun ke jalan.

“Orang tua anak jalanan kami libatkan untuk pembinaan, termasuk masyarakat. Tanpa peran mereka upaya yang kami lakukan tidak ada manfaatnya,” tutur dia.

Ia meminta kepada masyarakat tidak memberikan apapun kepada anak jalanan. Dengan begitu mereka tidak akan kembali ke jalan dan memilih kembali pulang ke rumah. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top