Connect with us

Anggaran Peningkatan Jalan di Kota Cirebon Wajib Masuk Musrembang

Berita Cirebon Radio

Anggaran Peningkatan Jalan di Kota Cirebon Wajib Masuk Musrembang

LEMAHWUNGKUK [89,2 CR] – Peningkatan jalan rusak di Kota Cirebon pada tahun 2021 harus tertunda. Padahal banyak jalan yang rusak akibat genangan air. Terutama di wilayah selatan Kota Cirebon.

Menurut Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Cirebon, Arif Kurniawan kecamatan bisa melimpahkan kewenangan untuk perbaikan infrastruktur, namun nilainya sangat terbatas. Regulasi tertuang dalam Permendagri Nomor 130 dan peraturan Wali Kota (Perwali).

“Kelurahan mengusulkan ke kecamatan untuk perbaikan jalan. Dalam aturannya diperbolehkan,” kata Arif kepada awak media, Jumat (26/02/21).

Pengajuan perbaikan jalan tingat RT, RW dan kelurahan disampaikan pada saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) nanti. Untuk ruas jalan penghubung kecamatan menggunakan anggaran di dinas terkait. Jika disetujui maka pelaksanaan baru bisa digelar pada tahun depan.

Arif mengakui dalam Permenkue Nomor 5 pemerintah menganggarkan 5 persen untuk anggaran tersebut. Namun kondisi saat ini tidak memungkinkan, itu sebabnya banyak kecamatan dan kelurahan yang mengeluh.

“Keterbatasan APBD 2021 tidak memungkinkan. Anggaran jauh dari aturan, terpaksa menggunakan anggaran yang ada,” ujarnya.

Sayangnya pada tahun ini pemerintah daerah masih fokus penyesuaian anggaran untuk penanganan COVID-19. Wajar banyak yang dipotong termasuk anggaran peningkatan jalan.

“Tentunya tahun ini masih cukup sulit. Kami diminta untuk efesiensi anggaran untuk penanganan dan dampak dari COVID-19,” kata dia. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top