Connect with us

APBD 2020 Diprediksi Defisit, BKD Kota Cirebon Beri 3 Opsi Solusi

Berita Cirebon Radio

APBD 2020 Diprediksi Defisit, BKD Kota Cirebon Beri 3 Opsi Solusi

LEMAHWUNGKUK [89,2 CR] – Postur anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kota Cirebon diprediksi mengalami defisit hingga 37 Miliar. Kondisi ini disebabkan minimnya realisasi pos pendapatan daerah. Sedangkan pos belanja daerah sudah banyak direfocusing dan efisiensi.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Cirebon, Arif Kurniawan ST menjelaskan, untuk mengurangi defisit tersebut pihaknya memberikan tiga opsi kepada SKPD. Solusi dilakukan agar beban defisit anggaran di tahun depan tidak membebani.

“Kalau semuanya dibebani pada tahun 2021 apakah APBD mampu membiayai semuanya,” kata Arif kepada awak media, Kamis (6/8/20).

Opsi pertama lanjut Arif, gaji 13 PNS dibayarkan pada tahun 2021, Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) tidak dibayarkan untuk beberapa bulan ke depan atau memotong kembali anggaran kegiatan di luar PAM, listrik, gaji office boy dan gaji security.

“Anggaran makan dan minum atau biaya perjalanan dipotong,” ujarnya.

Berdasarkan data di BKD, anggaran realisasi baru terserap 24,5 persen, tersisa 75,5 persen. Jika SKPD sepakat salah satu opsi tersebut, maka beban anggaran di tahun 2021 tidak terlalu besar.

“Butuh komitmen bersama jika ingin tahun depan tidak berat,” paparnya.

Arif juga menegaskan, visi misi Wali Kota Cirebon pada tahun ini tidak bisa terealisasi. Hanya revitalisasi lapangan Kebumen, itu pun sudah dipotong dari nilai semula 4,5 Miliar menjadi 3 Miliar.

Terkait pos pendapatan anggaran, Arif mengaku sudah berupaya secara maksimal. Namun kondisi pandemi Covid-19 menyebabkan sejumlah hotel dan restoran tutup permanen. Bahkan ada yang mengajukan keringanan setoran pajak karena tempat usahanya sepi.

“Untuk PBB dan BPHTB aman tapi sektor restoran dan perhotelan yang menjerit,” tandas dia. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top