Connect with us

Badbadnotgood Mengumumkan Album Baru Talk Memory Keluar Pada 8 Oktober Via Xl Recordings Sekaligus Meluncurkan Lagu/Video Baru “Signal From The Noise”

Musik Film

Badbadnotgood Mengumumkan Album Baru Talk Memory Keluar Pada 8 Oktober Via Xl Recordings Sekaligus Meluncurkan Lagu/Video Baru “Signal From The Noise”

Minggu lalu, ansambel Kanada BADBADNOTGOOD kembali mengumumkan album baru berjudul “Talk Memory”, album pertama band ini dengan XL Recordings, menampilkan 9 lagu baru dan akan dirilis pada 8 Oktober. Album ini menampilkan kontribusi musik dari Arthur Verocai, Karriem Riggins, Terrace Martin, Laraaji dan pemain harpa terkenal Brandee Younger, yang telah bekerja dengan Moses Sumney, dan Thundercat. Menampilkan visual dari Virgil Abloh, yang firma desainnya Alaska-AlaskaTM mendesain sampul untuk “Talk Memory”, album ini merupakan evolusi yang berfokus pada kolaborasi dan keajaiban pertunjukan langsung improvisasi. Mendemonstrasikan kemajuan emosional dan puitis, album baru ini merupakan pengembaraan aural dan ekspresi sukacita yang tulus untuk musik dan komunitas yang dianggap beruntung oleh band itu sendiri.

Dari album tersebut, BBNG mengatakan: “Butuh satu atau dua tahun untuk menjalani hidup untuk sampai ke tempat di mana proses kreatif kembali menarik dan begitu kami benar-benar masuk ke studio, itu adalah proses perekaman dan penulisan paling ringkas yang pernah kami lakukan. Kami berharap pertunjukan studio improvisasi mampu membawa pendengar lebih dekat ke pengalaman langsung kami.”

Bertepatan dengan pengumuman “Talk Memory”, BADBADNOTGOOD juga membagikan single utama album tersebut. ‘Signal From The Noise’ adalah lagu jazz psychedelic yang mengeksplorasi keseimbangan dan harmoni melalui improvisasi. Lagu baru ini disertai dengan video yang disutradarai oleh Duncan Loudon. Dibintangi oleh Steve Stamp, penulis dan bintang sitkom BBC People Just Do Nothing, video tersebut merupakan pengiring yang sempurna untuk lagu tersebut.

Pengumuman album datang setelah band ini menjadi viral di TikTok pada bulan Juni. Menghasilkan 500k+ Tik Tok dari video editan “Time Moves Slow,” band ini sekarang mendapat rata-rata streaming 4,4 juta per bulan dan lebih dari 3 juta pendengar bulanan di Spotify. Band ini juga baru saja merilis edisi pertama dari The Memory Catalog; seri cetak yang diilustrasikan oleh Moya Garrison- Msingwana (Gangbox) dari buletin pembangunan dunia yang dilipat menjadi poster 32” x 24”, dirilis dengan setiap bagian musik baru untuk mengontekstualisasikan Talk Memory. Tersedia di lokasi tertentu seperti Stussy, Noah, Psychic Wines, dan banyak lagi, poster yang diubah menjadi buletin ini menampilkan konten eksklusif (lembaran musik, karya seni bergambar, foto yang belum pernah dilihat, dll.) yang memungkinkan penggemar mengintip di balik tirai alam semesta BBNG.

Tentang BADBADNOTGOOD:

Ansambel Kanada BADBADNOTGOOD menjadi terkenal dengan melintasi genre. Gerakan antar gaya yang mulus ini sangat memukul ketika mereka membawa hip hop ke jazz dan sebaliknya. Album terbaru mereka – dan pertama dengan XL Recordings – menunjukkan mereka kembali ke awal instrumental mereka. Alih-alih melihat saat ini, mereka mencerminkan sejarah dan inovasi orang-orang yang memengaruhi mereka. Mengutip Lamont Dozier, ini adalah album tentang kembali ke akarnya.

BADBADNOTGOOD dibentuk pada tahun 2010 dengan komposisi antara tiga dan empat anggota sebelum akhirnya membentuk line up saat ini pada tahun 2015. Band, alias Alexander Sowinski (drum), Chester Hansen (bass) dan Leland Whitty (gitar dan woodwinds), bertemu di jazz Humber College program di Toronto. Pada saat itu, alih-alih bekerja dengan standar jazz tradisional, grup ini mengesampingkan dan melirik hip hop dan genre kontemporer lainnya untuk menciptakan suara unik yang berakar pada musik Black American, tetapi Talk Memory tahun 2021 memberi penghormatan kepada para musisi, komposer, dan pengaruh yang menjadi dasar karya mereka.

Salah satu kekuatan pendorong utama di balik album terbaru mereka adalah untuk menangkap beberapa fokus, energi, dan improvisasi yang merupakan inti dari pertunjukan langsung mereka. Seperti yang mereka catat, sebuah lagu adalah makhluk hidup yang bernafas yang secara alami berubah dan berkembang saat dimainkan dalam pengaturan yang berbeda. Ini adalah album yang bermain dengan pemikiran itu. Setelah bertahun-tahun melakukan tur, band ini berhenti sejenak, menyegarkan dan melihat sejarah dan pengalaman mereka sebelum memulai proyek instrumental mereka saat ini. Rasa refleksi dan komunikasi baru adalah inti dari pendekatan mereka saat ini untuk membuat musik, dan percikan yang mengarah ke album Talk Memory. Sementara rekaman album awal mereka berlangsung sangat cepat, proyek saat ini sepenuhnya memikirkan kembali proses tersebut. Album ini lebih diniatkan dan memliki proses cukup lama dan dibuat lebih dari dua tahun. Kecepatan komposisi, kinerja, dan suara mereka telah berubah dengan cara yang baru. Alih-alih berimprovisasi dan mengembangkan trek mereka di tur, proses itu terjadi di studio.

Band ini menunjukkan rasa kemajuan emosional dan puitis, bukan hanya teknik dan keahlian. Mereka menganggap diri mereka sebagai siswa yang konstan, selalu mendengarkan dan berjuang untuk arah baru. Jalur baru itu berkisar dari momen-momen sinematik hingga improvisasi yang terdistorsi. Album ini semacam pengembaraan aural, dengan semua rasa narasi psikedelik yang menyertainya. Ini tentang memanfaatkan energi kolaborasi saat itu terjadi. Band ini merekam karya terbaru mereka di studio analog, sebagai cara yang disengaja untuk tetap hadir dan mengalami tanpa menggambar dari internet untuk penelitian atau referensi.

Ada juga pergeseran kolektif daripada ego. Alih-alih fokus pada kredit, ini adalah album tentang keseimbangan dan harmoni kolektif. Bahkan ketika itu termasuk tamu seperti produser dan musisi Brasil ikonik Arthur Verocai. Di sini energi adalah tentang komunitas dan ansambel dalam arti sebenarnya. Ketika jazz New Orleans muncul pada awal abad ke-20, konsep ritme sinkopasi bersatu yang dimainkan sebagai grup ensemble menjadi sangat penting. Kelahiran musik abad ke-20 tak lepas dari konsep kolaborasi. Di sini ada sesuatu yang utopis tentang kolaborasi, komunitas, dan musik sebagai bentuk komunikasi non-verbal yang khusus, bahkan mungkin spiritual.

Talk Memory tidak ada dalam ruang hampa. Ini adalah elemen pertama dalam proyek multi bagian, yang muncul sebagai proyek dalam hak mereka sendiri dan juga berpotongan. Proyek ini sangat lintas generasi, karena BADBADNOTGOOD membawa perhatian pada silsilah seniman yang datang sebelum mereka dan mengeksplorasi hak istimewa untuk dapat membawa pengalaman dan keterampilan mereka ke musik mereka. Album ini mencakup kontribusi dari banyak multi-instrumentalis termasuk Arthur Verocai, Laraaji, Terrace Martin, Brandee Younger, dan Karriem Riggins, dengan campuran album yang berasal dari Russell Elevado.

Elemen lainnya adalah pandangan yang diperluas tentang buku budaya tandingan kontemporer. Arah dan arti dari publikasi ini akan didahului oleh serangkaian poster zine yang dirilis dengan masing-masing single. Buku ini merupakan penghormatan terhadap struktur dan makna dan informasi yang diperluas dalam sesuatu seperti Whole Earth Catalog tahun 1960-an. Sebuah brainstorming dan pemeriksaan konsep, pencipta, ruang, objek, guru, istilah dan banyak hal lain yang BADBADNOTGOOD sukai. Itu juga merupakan kesempatan untuk berbicara dan membuat profil kolaborator mereka secara lebih rinci. Yang menyatukan semuanya adalah, tentu saja, musik.

Album terbaru BADBADNOTGOOD menekankan bagaimana musik sebagai percakapan secara kolaboratif dan improvisasi. Di satu sisi, album mereka adalah momen klasik yang diambil dari live jazz atau soul, di mana ‘pemimpin’ band akan memperkenalkan setiap anggota ansambel dan mengundang tepuk tangan. Pada gilirannya BBNG, telah membuat album yang merupakan ekspresi kegembiraan yang tulus untuk musik dan komunitas yang beruntung untuk mereka huni. [CR]

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Musik Film

To Top