Connect with us

Banyak Pengembang Bandel, DPRKP Kota Cirebon Tata Ulang

Berita Cirebon Radio

Banyak Pengembang Bandel, DPRKP Kota Cirebon Tata Ulang

KEJAKSAN [89,2 CR] – Kepadatan penduduk di Kota Cirebon dibarengi dengan munculnya ratusan perumahan. Namun banyak perumahan yang belum menyerahkan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon. Hal ini berimbas pada macetnya perbaikan di perumahan tersebut.

Kepala Dinas Pemukiman Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Kota Cirebon, Agung Sudijono menyampaikan bahwa ada 185 perumahan tersebar di Kota Cirebon. Sayangnya dari jumlah itu hanya baru 2 perumahan yang sudah menyerahkan ke Pemda Kota Cirebon.

“Kalau dihitung dari tahun 1985 sampai sekarang jumlahnya sangat banyak, tapi baru 2 yang lainnya belum,” ungkapnya kepada Cirebon Radio, Jumat (8/01/21).

Padahal lanjut Agung, banyak penghuni perumahan yang menginginkan perbaikan fasilitas umum (Fasum) dan fasilitas sosial (Fasos). Karena belum diserahkan, pihaknya tidak bisa mengajukan perbaikan. Dalam persoalan ini posisi DPRKP dilematis.

“Kami sudah mengingatkan, setelah selesai dibangun segera diserahkan ke Pemda agar nantinya jadi kewenangan kami. Tapi mereka (pengembang) pergi begitu saja. Akhirnya masyarakat yang harus menjadi jaminan,” jelasnya.

Padahal menurut Agung, pelimpahan akan membebani Pemda Kota Cirebon. Namun demi kepentingan masyarakat upaya apa pun akan dilakukan. Caranya masyarakat yang akan menjadi penanggung jawab di saat ada perbaikan di perumahan.

“Memang beban tapi sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda),” paparnya.

Target tambah Agung, pada tahun 2021 dinasnya akan mengusahakan 3 perumahan yang diserahkan kepada Pemda Kota Cirebon. Meski prosesnya cukup lama namun yakin akan bisa dilakukan.

“Harus ketemu pengembang dulu, komunikasi dengan masyarakat dan syarat lainnya tapi yakin bisa,” pungkas dia. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top