Connect with us

Bayar Upah Tidak Sesuai, Grage Mall Cirebon Dilaporkan Pegawainya

Berita Cirebon Radio

Bayar Upah Tidak Sesuai, Grage Mall Cirebon Dilaporkan Pegawainya

KESAMBI [89,2 CR] – Pekerja PT. Multi Pratama Indah Raya (MPI) atau Grage Mall mendatangi Kantor UPTD Pengawas Tenaga Kerja se-Wilayah III Cirebon. Mereka menuntut hak selama pandemi Covid-19. Pasalnya manajemen perusahaan tidak memberikan sesuai dengan imbauan pemerintah.

Pengacara yang juga kuasa hukum pekerja tersebut, Aji Halim Rahman mengatakan, kedatangan para pekerja untuk melayangkan surat pelaporan pelanggaran upah selama pandemi Covid-19. Mereka selama pandemi hanya menerima upah 20 persen bagi yang dirumahkan dan 30 persen bagi yang bekerja.

“Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor : M/3/Hk.04/III/2020 yang isinya adalah pengusaha boleh memberi upah pekerja/karyawan di bawah upah normal selama ada kesepakatan dengan pihak pekerja/karyawan. Namun itu tidak ada kesepakatan tapi sudah dipotong,” ujarnya kepada Cirebon Radio, Jumat (18/9/20).

Pengupahan lanjut Aji, dilakukan secara sepihak tanpa ada kesepakatan bersama dengan pihak pekerja. Yang lebih memprihatinkan setelah audiensi mereka justru mendapatkan Surat Peringatan 3 (SP3). Selang beberapa hari mereka dipanggil oleh pihak perusahaan untuk memilih mengundurkan diri atau di PHK.

“Status mereka digantung oleh perusahaan, kalau berangkat boleh absen tapi tidak bekerja. Kalau tidak bekerja mereka dianggap mengundurkan diri. Persoalan ini harus segera diselesaikan,” ujarnya.

Sementara itu Kasi Pengawasan Norma Kerja UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan wilayah III Cirebon, Joao De Araoujo   mengatakan, hal semacam ini harus dibicarakan bipartit. Pekerja dan manajemen harus menyelesaikan kesalahpahaman dan kekeliruan tersebut.

“Solusinya seperti apa harus dibicarakan kedua belah pihak,” tuturnya.

Untuk pembinaan perusahaan swasta pihaknya menyerahkan kepada dinas ketenagakerjaan sedangkan persoalan penegakan hukum dan pencegahan diselesaikan oleh pihaknya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top