Connect with us

Berkah Pengusaha Hotel Kota Cirebon Saat Libur Panjang di Masa Pandemi

Berita Cirebon Radio

Berkah Pengusaha Hotel Kota Cirebon Saat Libur Panjang di Masa Pandemi

KEJAKSAN [89,2 CR] – Libur panjang, Kota Cirebon dibanjiri wisatawan domestik. Selain  wisata keraton, kuliner khas Cirebon memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dampak lainnya okupansi hotel di Kota Cirebon mengalami peningkatan.

Wisatawan asal Bandung, Hasan (30) mengaku sengaja mengujungi Cirebon karena jarak tempuh yang tidak terlalu jauh. Liburan ke Cirebon baginya, memiliki kesan yang berbeda dibandingkan kota-kota besar di Jawa Barat.

“Banyak keunikan di Cirebon dan yang terpenting bisa ditempuh dengan waktu 3 jam lewat tol Cipali,” ungkapnya kepada awak media, Jumat (30/10/20).

Ia pun mengaku tak lupa tetap menaati protokol kesehatan Covid-19. Baik saat dalam perjalanan maupun saat berada di tempat wisata. Bahkan sebelum liburan melakukan rapid test.

“Sekarang harus disiplin, kalau tidak nanti bisa terpapar Covid-19,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Kota Cirebon, Imam Reza Hakiki mengatakan hari pertama libur panjang cuti bersama dan Maulid Nabi, okupansi hotel di Kota Cirebon di angka 50 sampai 60 persen.

“Okupansi hotel di Kota Cirebon mulai hari Rabu (28/10) sampai Kamis (29/10) rata-rata 50 sampai 60 persen. Bahkan ada yang mencapai 70 persen,” ujar Kiki.

Kiki yang juga pemilik Hotel Tryas Cirebon mengaku, hotel yang dimilikinya sudah mencapai okupansi diangka 70 sampai 80 persen dalam satu hari. Ia memprediksi, untuk okupansi pada hari Jumat ini mencapai 80 sampai 90 persen.

“Kalau di hotel saya sendiri yang sudah ada gambaran sekitar 80 persen okupansinya,” ungkap Kiki.

Selama Pandemi covid-19, kata Kiki, tamu yang menginap tidak pernah seramai libur panjang cuti bersama dan Maulid Nabi . Karena, menurut Kiki, okupansi di hari-hari weekend rata-rata diangka 40 sampai 50 persen. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top