Connect with us

Bertambah 7 Orang, Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Kota Cirebon Melonjak

Berita Cirebon Radio

Bertambah 7 Orang, Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Kota Cirebon Melonjak

KEJAKSAN [89,2 CR] – Kasus positif Covid-19 di Kota Cirebon mengalami peningkatan signifikan. Setelah sempat tidak ada kasus, kini 7 orang dinyatakan positif setelah swab test massal di pusat perbelanjaan beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon, dr H Edy Sugiarto MKes menjelaskan, kasus positif berawal dari swab test massal. Bahkan 5 dari 7 orang tersebut merupakan satu keluarga. Kesemuanya berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG), kendati positif Covid-19.

“Dengan penambahan itu, total kasus positif Covid-19 di Kota Cirebon sebanyak 23 kasus. Dengan rincian, 8 orang sembuh, 2 orang meninggal dunia, dan 13 orang masih dalam pemantauan,” katanya, Kamis (2/7/20), saat ditemui di Balaikota Cirebon.

Kelima orang yang masih satu keluarga di Pamitran, Kelurahan Kejaksan itu diketahui baru kembali dari Jakarta. Sedangkan satu orang warga Kebonbaru baru kembali dari Surabaya dan satu orang lagi warga Pilang Setrayasa yang belum diketahui riwayat perjalanannya.

Dari tujuh yang positif, lanjut Edy, satu keluarga mengajukan permohonan isolasi mandiri, sedangkan dua orang lainnya langsung isolasi di RSD Gunung Jati.

“Ada yang isolasi mandiri, ada yang di rumah sakit. Untuk memudahkan tracing pasien positif, swab test massal rencananya akan dilakukan,” tambah dia.

Edy menyadari, Kota Cirebon sebagai kota persinggahan banyak didatangi orang dari luar daerah, terlebih pemerintah telah memberikan kelonggaran dengan dihentikan PSBB berganti menjadi Adaptasi Kebiasan Baru (AKB). Ia mengusulkan dilakukan Pembatasan Sosial Bersekala Mikro (PSBM) tingkat kelurahan, terhadap wilayah yang terdapat kasus positif Covid-19. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top