Connect with us

BKD Kota Cirebon Kelimpungan Penyesuaian Anggaran COVID-19

Berita Cirebon Radio

BKD Kota Cirebon Kelimpungan Penyesuaian Anggaran COVID-19

LEMAHWUNGKUK [89,2 CR] – Penyesuaian anggaran Pemerintah Kota Cirebon cukup alot. Kebutuhan anggaran penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi, tidak sejalan dengan keinginan SKPD. Padahal Pemerintah Kota Cirebon telah menerbitkan SK Wali Kota perihal penyesuaian anggaran.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Cirebon, Arif Kurniawan menjelaskan, kebutuhan anggaran untuk penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi senilai 115 Miliar. Sementara hasil penyesuaian anggaran di dinas hanya 54 Miliar. Seharusnya dinas memotong anggaran sebesar 30 persen dari yang ada.

“Masih belum tercapai target penyesuaian anggaran sedangkan pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) harus ada penyesuaian sesuai ketentuan,” katanya kepada Cirebon Radio, Rabu (10/03/21).

Anggaran penyesuaian sebesar 115 Miliar lanjut Arif, 42 Miliar digunakan untuk penanganan COVID-19 selama 6 bulan sedangkan sisanya untuk pemulihan ekonomi. Maka solusi yang diambil, akan ada penyesuaian kembali di anggaran perubahan.

“Nilai 42 Miliar untuk penanganan isolasi mandiri, kemudian penanganan di Rumah Sakit Gunung Jati, pemulasaran dan PPKM Mikro. Kalau pemulihan ekonomi lebih kepada loka karya di masyarakat,” jelas dia.

Sementara untuk menutupi kebutuhan yang ada BKD terpaksa mengambil dari gaji ASN (acress pensiun) dana tranfer pusat dan provinsi di tahun 2020 yang tidak dibayar dan penundaan beberapa kegiatan besar terutama di DPUPR.

“Kami terpaksa melalukan itu karena memang anggaran sudah sangat sulit sekali. Dinas tidak maksimal maka harus ada yang dikorbankan dulu,” keluh dia. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top