Connect with us

Calon Jemaah Haji Kabupaten Cirebon Diimbau Tidak Ambil Pengembalian

Berita Cirebon Radio

Calon Jemaah Haji Kabupaten Cirebon Diimbau Tidak Ambil Pengembalian

SUMBER [89,2 CR] – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cirebon mengimbau calon jemaah haji tidak mengambil biaya pembatalan. Karena biaya tersebut bisa digunakan pada tahun depan dan akan terdaftar sebagai penerima manfaat.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Cirebon, H Khidir mengatakan, sampai dengan saat ini belum ada jemaah haji yang mengajukan pengembalian. Meski pemerintah telah resmi membatalkan pelaksanaan ibadah haji tahun ini akibat wabah Covid-19.

“Kami sudah sampaikan ke Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) untuk diteruskan kepada calon jemaah haji, lebih baik biaya pelunasan tidak usah diambil, karena nanti akan digunakan pada tahun depan,” ujarnya kepada Cirebon Radio, Kamis (11/06/20).

Ia juga tidak melarang, jemaah haji mengurus pengembalian biaya. Mereka wajib mengisi formulir pembatalan dengan syarat yang sudah ditentukan oleh Kemenag. Maksimal sembilan hari uang pembatalan otomatis akan masuk ke rekening yang diajukan oleh jemaah haji.

“Kalau mau mengambil biaya pelunasam bisa ajukan ke kami (Kemenag) dengan syarat dan ketentuan. Nilainya sekitar 10 juta uang pelunasan, kalau biaya haji sekitar 36 juta,” tambah dia.

Khidir menambabkan, sebanyak 2.320 calon jemaah haji asal Kabupaten Cirebon batal berangkat tahun ini. Pemerintah akan memprioritaskan jemaah haji yang batal untuk berangkat pada tahun depan, dengan skema yang telah dibuat oleh pemerintah.

“Mengenai pemberangkatan tahun depan ya mekanisme diatur oleh pemerintah pusat,” pungkasnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top