Connect with us

Cegah Banjir, Pemda Kota Cirebon dan BBWS Akan Normalisasi Sungai Cikalong

Berita Cirebon Radio

Cegah Banjir, Pemda Kota Cirebon dan BBWS Akan Normalisasi Sungai Cikalong

2 of 2Next
Use your ← → (arrow) keys to browse

Wakil Wali kota Cirebon Dra Eti Herawati mengatakan, Sungai Cikalong yang melintasi Kota Cirebon terutama di wilayah Kelurahan Kalijaga dan Larangan rawan banjir pada musim hujan. Di tempat itu sedimentasi cukup tinggi karena sudah cukup lama tidak dinormalisasi.

“Normalisasi sungai adalah solusi tepat di aliran Sungai Cikalong jika ingin wilayah Kalijaga dan Larangan tidak banjir,” tegasnya kepada awak media, Selasa (28/7/20).

Untuk normalisasi Sungai Cikalong pihaknya masih mengandalkan program dan anggaran normalisasi dari Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWS Cimancis). Dari APBD Kota Cirebon tidak memungkinkan, karena adanya recofusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Alhamdulillah, kita selalu koordinasi dengan BBWS. Dan mereka sudah menganggarkan normalisasi Sungai Cikalong. Setelah sebelumnya kami yang menganggarkan,” jelas Eti.

Menurutnya, Sungai Cikalong ini selalu meluap karena debit air dari hulu sangat tinggi bila terjadi hujan deras. Sedangkan daya tampung sungai terbatas, apalagi terjadi sedimentasi dibeberapa titik. Seperti di Patilasan Kalijaga dan wilayah Larangan Perumnas Gunung.

Sementara Kabid PSDA DPUPR Kota Cirebon Agung Kemal Hasan menambahkan, pihaknya tidak bisa sendirian menangani normalisasi sungai di Kota Cirebon. Karena tidak semua sungai menjadi kewenangannya, sebagian juga ada yang kewenangan dari BBWS.

Pada normalisasi Sungai Cikalong kali ini, pihaknya menyediakan transportasi untuk mengangkut buangan dari normalisasi. Dan juga mengkoordinasikan dengan pihak kecamatan, kelurahan, RW dan masyarakat sekitarnya. Sehingga pekerjaan normalisasi ini mendapatkan dukungan semua pihak.

“PSDA juga sudah melakukan normalisasi pada sungai kecil di Kota Cirebon. Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga sungai agar tetap bersih. Dengan tidak membuang sampah ke sungai,” pungkasnya. [Wlk]

2 of 2Next
Use your ← → (arrow) keys to browse

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top