Connect with us

Dana Cadangan Pilkada Kota Cirebon Diperkecil dan Dianggarkan Bertahap

Berita Cirebon Radio

Dana Cadangan Pilkada Kota Cirebon Diperkecil dan Dianggarkan Bertahap

KEJAKSAN [89,2 CR] – Dana cadangan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cirebon tahun 2024 dialokasikan lebih kecil dari ajuan awal. Semula anggaran yang diajukan KPU Kota Cirebon senilai Rp 37,2 Miliar namun telah dikoreksi Pemprov Jabar senilai Rp 29,9 Miliar.

Ketua Panitia Khusus Raperda Dana Cadangan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2024, Dani Mardani menyatakan alokasi dana itu untuk KPU sebesar Rp 25,2 miliar dan Bawaslu sebesar Rp 4,7 miliar. Anggaran dana cadangan untuk sementara terpasang di KPU Kota Cirebon.

“Anggaran ini sudah diperhitungkan KPU Kota Cirebon,” kata dia kepada awak media, Jumat (19/03/21).

Hasil konsultasi juga merekomendasikan untuk dana pengamanan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2024 yang nilainya diperhitungkan sebesar Rp 7,7 miliar. Dana pengamanan berupa hibah dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait yakni Kesbangpol.

“Tidak dibarengi tapi terpisah karena tugas dan fungsinya berbeda,” tqmbahnya

Menurut Dani, dari pembahasan yang terjadi alokasi dana cadangan pilwalkot, dianggarkan secara bertahap mulai tahun anggaran 2021, 2022 dan 2023.

Mulai APBD 2021, dana cadangan pilwalkot dialokasikan sebesar Rp 9,9 miliar. “Pada APBD 2022, dana cadangan pilwalkot akan dialokasikan sebesar Rp 10 miliar dan APBD 2023 akan dialokasikan sebesar Rp 10 miliar.

” KPU sudah menghitung dan pastinya menggunakan anggaran disesuaikan dengan kebutuhan harga di tahun 2024,” Uja dia [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top