Connect with us

Dapat Bantuan PCR, Dinkes Kabupaten Cirebon Akan Tracing Zona Merah

Berita Cirebon Radio

Dapat Bantuan PCR, Dinkes Kabupaten Cirebon Akan Tracing Zona Merah

SUMBER [89,2 CR] – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon mendapat bantuan berupa alat Polymerase chain reaction (PCR) portabel dari Dinkes Provinsi Jawa Barat (Jabar). PCR portabel rencananya akan digunakan untuk tracing di daerah pelosok yang masuk zona merah Covid-19.

Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon, Eni Suhaeni SKM MKes mengatakan, alat ini akan memudahkan proses testing dan tracing Covid-19 di daerah yang terpencil. Dengan PCR portabel dalam satu jam bisa langsung diketahui hasilnya tanpa menunggu satu hari.

“Satu kali testing dan tracing itu 8 sampel. Membutuhkan waktu 1 jam. Kalau sehari 5 desa maka bisa mengetahui 40 sampel,” katanya kepada awak media, Rabu (19/8/20).

Tenaga medis lanjut Eni yang akan turun langsung dari Dinkes dan Puskesmas setempat, namun tetap didampingi analis. Mereka akan diberikan bimbingan agar benar-benar bisa maksimal dalam bertugas menggunakan PCR portabel.

“Tetap kami libatkan analis. Kadang kalau pertama tenaga kesehatan masih gugup jadi harus didampingi,” tambah dia.

Eni menambahkan, Dinkes Jabar menargetkan pada 2 minggu, mampu melakukan 5000 tes PCR. Ia optimis target bisa tercapai dengan fasilitas yang dimiliki dan tenaga kesehatan yang bekerja ekstra.

“Apa yang disampaikan oleh Provinsi Jabar harus memacu kami bisa bekerja maksimal,” tandasnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top