Connect with us

Demi Memenuhi Kebutuhan, PDAM Kota Cirebon Akan Beli Air ke Pemerintah Provinsi Jabar

Berita Cirebon Radio

Demi Memenuhi Kebutuhan, PDAM Kota Cirebon Akan Beli Air ke Pemerintah Provinsi Jabar

KEJAKSAN [89,2 CR] – Pasokan air PDAM Tirta Giri Nata Kota Cirebon semakin tercukupi. Sebelumnya pasokan air bergantung kepada sumber di Cipaniis, Kuningan. Kini PDAM mendapat pasokan air dari Waduk Jatigede. Dengan demikian kebutuhan air di dua kecamatan akan terpenuhi.

Direktur PDAM Tirta Giri Nata, Sopyan Satari menjelaskan, pihaknya telah membuat kesepakatan dengan pemerintah pusat untuk distribusi air dari Waduk Jatigede. Tidak tanggung-tanggung air curah yang dialiri ke pipa sebanyak 500 liter perdetik. Jumlah tersebut mampu menambah 4000 pelanggan baru.

“Kecamatan Harjamukti dan Lemawungkuk tidak lagi kesulitan air kalau distribusi sudah berjalan normal,” ujarnya kepada awak media usai penandatanganan nota kesepakatan tentang penyelenggara sistem penyedia air minum regional metropolitan Cirebon Raya Jati Gede tahap 1, Rabu (2/9/20).

Air dari Waduk Jatigede, lanjut Opang panggilan akrabnya, akan dikirim melalui pipa yang dibangun pemerintah pusat, air akan ditampung ke reservoir di Kepongpongan baru ke pelanggan. Sebelum berjalan pihaknya berencana melakukan revitalisasi reservoir tersebut.

“Nanti kapasitas reservoir akan ditambah menjadi 500 meter kubik. Namun pembangunan akan menggandeng pihak swasta, tidak bergantung pada APBD Kota Cirebon,” jelasnya.

Masih kata Opang, PDAM nantinya akan membeli air melalui perusahaan daerah milik pemerintah provinsi Jawa Barat. Meski terdapat nilai bisnis namun pelayanan kepada masyarakat paling terpenting.

“Tentunya ada pendapatan dari membeli air tapi yang terpenting adalah pelanggan PDAM,” pungkasnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top