Connect with us

Dinamika Jelang Porda, Ketua KONI Kota Cirebon Jawab Isu Mutasi Atlet

Berita Cirebon Radio

Dinamika Jelang Porda, Ketua KONI Kota Cirebon Jawab Isu Mutasi Atlet

KESAMBI [89,2 CR] – Ketua KONI Kota Cirebon, Wati Musilawati menjawab isu atlet Biliar yang sempat ikut Sea Games pindah ke Subang. Ia mengaku belum menerima laporan resmi dari Pengurus Cabang Olahraganya.

“Laporan resminya belum masuk ke kami. Nanti coba saya komunikasikan,” ungkapnya kepada Cirebon Radio, Rabu (10/02/21).

Menurutnya, sudah menjadi rahasia umum bila menjelang Pekan Olahraga Daerah (Porda) masing-masing daerah berusaha merekrut atlet-atlet potensial untuk proyeksi medali emas dengan membidik atlet-atlet emas dari daerah-daerah lain.

Para pengurus KONI Kota Cirebon lanjut Wati, yang diberi amanat oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon sudah berusaha maksimal untuk membantu para cabor dalam melakukan pembinaan terhadap atlet-atlet agar berprestasi dan membanggakan baik untuk diri sendiri, orang tua serta masyrakat Kota Cirebon.

“Kami berusaha sekuat tenaga dengan keterbatasan tetap maksimal memberikan yang terbaik untuk para atlet,” ujarnya.

Oleh sebab itu, KONI memberikan kesempatan kepada para atlet dan pelatih untuk meraih prestasi terbaiknya dengan bantuan anggaran pembinaan pada setiap tahun yang diberikan melalui pengcabnya.

Lebih dari itu, KONI dan pemda juga memberikan apresiasi terhadap prestasi yang diraih para atlet, khususnya para peraih medali di Porda, baik atlet, pelatih dan manajer Cabang Olahraga (Cabor) dengan pemberian reward berupa bonus yang nilainya bisa dibilang terbaik di Jabar.

“Mereka yang berprestasi kami berikan penghargaan yang nilainya terbaik se Jabar. Bukan hanya atlet tapi seluruh management yang terlibat,” tambahnya.

Selain memberikan bonus berupa uang yang didapat para atlet, prestasi yang diraih juga membuka peluang ke jenjang prestasi selanjutnya, baik ditingkat Jabar, nasional bahkan internasional.

Selanjutnya prestasi yang diraih atlet juga bisa membuka peluang-peluang lainnya dalam hal pendidikan dan karir. Jaminan kemudahan dalam pendidikan dan karir ini bisa menjadi motivasi para atlet untuk berlatih dan berjuang lebih keras lagi agar mencapai prestasi.

“Inilah yang terus diperjuangkan oleh KONI Kota Cirebon sehingga perlu kerja sama dan support dari Pemda Kota Cirebon,” paparnya.

KONI Kota Cirebon berharap para atlet dapat memanfaatkan peluang-peluang yang diberikan oleh KONI dengan meraih prestasi setinggi-tingginya dan mempunyai jiwa nasionalis demi membela dan mengharumkan nama Kota Cirebon dengan prestasi yang membanggakan.

KONI menyadari adanya dinamika yang terjadi di dunia olahraga, yaitu berkaitan dengan mutasi atlet. Menyikapi dinamika tersebut KONI harus bisa menyikapi dengan hati yang lapang dan kedewasaan berpikir. KONI memahami ada banyak faktor yang menyebakan atlet pindah ke daerah lain, misalnya karena pekerjaan dan lain-lain.

Menyikapi dinamika tersebut, KONI tidak bisa menahan para atlet yang ingin pindah ke daerah lain asalkan dilakukan dengan mekanisme yang benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku, agar atlet tidak mengalami kendala dalam mengikuti pertandingan-pertandingan di tempat yang baru. Selain itu, jangan sampai atlet yang sudah mutasi ke daerah lain tidak bisa mengikuti pertandingan lantaran abai dalam menempuh prosedur yang telah ditetapkan organisasi. Jika itu terjadi, maka yang dirugikan adalah atlet itu sendiri.

Meski demikian, fenomena tersebut jangan sampai membuat KONI menjadi patah semangat, justru sebaliknya harus disikapi dengan bijak dan menjadi spirit untuk terus melakukan pembinaan melalui cabor-cabor agar bisa menciptakan atlet-atlet potensial lainnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top