Connect with us

Disdik Kota Cirebon Rencanakan KBM Tatap Muka Jika Syarat Sudah Terpenuhi

Berita Cirebon Radio

Disdik Kota Cirebon Rencanakan KBM Tatap Muka Jika Syarat Sudah Terpenuhi

KESAMBI [89,2 CR] – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon berencana membuka Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka. Sejumlah syarat harus terpenuhi sebelum KBM tatap muka dimulai. Syarat tersebut demi mencegah penyebaran virus Covid-19 di cluster dunia pendidikan.

Kepala Disdik Kota Cirebon Irawan Wahyono M.Pd menjelaskan, panduan KBM tatap muka sudah disosialisasikan kepada seluruh sekolah. Tinggal poin dalam panduan tersebut harus terpenuhi jika ingin KBM tatap diberlakukan.

“Ada rencana menuju ke sana tapi harus ada syarat yang harus terpenuhi,” ungkapnya kepada awak media, Senin (31/8/20).

Terdapat sejumlah poin yang harus terpenuhi dalam panduan KBM tatap muka diantaranya, mendapat persetujuan dari Wali Kota Cirebon, mendapat rekomendasi dari gugus tugas penanganan Covid-19, mendapat persetujuan dari komite sekolah, menyediakan infrastruktur pendukung protokol kesehatan, mendapat persetujuan dari orang tua murid dan swab test seluruh guru di sekolah dan simulasi KBM tatap muka.

“Semuanya harus terpenuhi jika ingin dimulai KBM tatap muka. Yang berat adalah swab test ini yang lagi dibahas,” jelasnya.

Pihaknya akan jemput bola guna bisa memenuhi syarat KBM tatap muka. Pihaknya ingin memastikan sekolah siap menjalani KBM tatap muka dengan syarat yang harus ditaati oleh gugus tugas penanganan Covid-19.

Sementara itu salah satu orang tua murid SMPN 1 Cirebon, Agus mengaku ingin anaknya segera KBM tatap muka. Baginya selama ini metode pembelajaran online tidak efektif. Banyak anak yang lupa akan tugas dan disibukkan dengan bermain games.

“Di rumah tidak produktif, banyak main games akhirnya malas belajar,” katanya.

Ia khawatir metode pembelajaran online akan mempengaruhi psikologi anak. Dampaknya anak akan malas sekolah dan terjerumus dalam pergaulan bebas. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top