Connect with us

Disdik Pertimbangkan KBM Tatap Muka Jelang Tahun Ajaran Baru

Berita Cirebon Radio

Disdik Pertimbangkan KBM Tatap Muka Jelang Tahun Ajaran Baru

KEJAKSAN – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cirebon mulai mempertimbangkan kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Pasalnya, tahun ajaran baru tahun 2021/2022 akan segera dimulai dalam waktu dekat.

Kadisdik Kota Cirebon, Irawan Wahyono mengungkapkan, berdasarkan rencana awal tahun ajaran baru akan dimulai pada tanggal 15 Juli 2021 mendatang. Sehingga pihaknya mulai menyusun rencana kegiatan belajar tatap muka secara terbatas.

“Untuk KBM tatap muka pada tahun ajaran baru mulai dipertimbangkan pelaksanaannya. Tapi, nantinya digelar terbatas dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” paparnya, Jumat (18/6).

Lebih lanjut Irawan menuturkan pada saat KBM tatap muka nantinya hanya dihadiri 25 persen dar jumlah siswa setiap kelasnya. Mereka juga diminta mengikuti protokol kesehatan dengan ketat.

Diantaranya memakai masker saat berada di sekolah, menjaga jarak selama belajar di kelas dan lainnya. Pihaknya memastikan setiap sekolah juga diminta menyiapkan sarana prasarana penunjang protokol kesehatan.

Seperti diantaranya wastafel untuk mencuci tangan yang dilengkapi sabun antiseptik serta hand sanitizer di beberapa titik, pengaturan jarak tempat duduk siswa di kelas, thermal gun untuk mengecek suhu tubuh siswa yang akan masuk sekolah dan lainnya.

“Nantinya 75 persen siswa dari setiap kelas tetap mengikuti pembelajaran daring, karena hanya 25 persen yang masuk kelas. Namun, para siswa akan digilir masuk sekolah dan belajar daring, pihak sekolah akan menyusun jadwalnya,” jelasnya.

Disampaikannya, KBM tatap muka secara terbatas rencananya dilaksanakan di setiap jenjang sekolah yang dikelola Disdik Kota Cirebon. Dari mulai tingkat PAUD, SD, hingga SMP. Sedangkan untuk pendidikan tingkat SMA menjadi kewenangan Disdik Jabar.

“Sehingga secara umum tahun ajaran baru nanti pembelajarannya berkonsep blendid learning. Yaitu, metode belajar yang mengkombinasikan tatap muka dan dan belajar daring,” pungkasnya. [CR01]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top