Connect with us

Sasar Penyandang Disabilitas dan Lansia, Disdukcapil Kota Cirebon Turun Jemput Bola

Berita Cirebon Radio

Sasar Penyandang Disabilitas dan Lansia, Disdukcapil Kota Cirebon Turun Jemput Bola

KEJAKSAN [89,2 CR] – Sempat terhenti akibat pandemi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon kembali melakukan pelayanan dengan sistem jemput bola turun ke masyarakat. Sasaran bagi penyandang disabilitas dan lansia.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cirebon, Atang HD mengatakan, petugas akan datang untuk melakukan perekaman KTP bedasarkan permintaan dari RW-RW atau dari pihak keluarga. Petugas akan melayani dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Biasanya di lingkungan RW, kita turun jika ada permintaan, namun untuk pelayanan disabilitas, jika ada permintaan keluarga kita datangi rumahnya,” ungkap Atang, Selasa (16/03/21).

Selama 2021, lanjut Atang, pihaknya sudah melayani tiga orang berkebutuhan khusus yang memerlukan pelayanan perekaman KTP. Tahun lalu ada lima orang yang didatangi langsung ke rumah untuk perekaman.

“Sepertinya tahun ini ada peningkatan dibandingkan pada tahun lalu,” ujarnya.

Pelayanan jemput bola turun ke masyarakat, dijelaskan Atang, sudah mulai kembali dilakukan sejak Februari lalu, bahkan saat hari libur pun, jika diperlukan petugas siap diturunkan ke lapangan untuk memberikan pelayanan.

Sasarannya, yang utama adalah mereka para wajib KTP baru yang belum melakukan perekaman, sisanya adalah mereka para pemilik KTP hilang atau rusak.

“Dulu keliling tiap hari rabu ke sekolah, sasaranya para pemula, kita jemput bola ke kelurahan, setiap Sabtu Minggu, intinya kita memudahkan pelayanan, terlebih pandemi,” jelas Atang. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top