Connect with us

Distan Kabupaten Cirebon Imbau Petani Daftar Asuransi Usaha Tani Padi

Berita Cirebon Radio

Distan Kabupaten Cirebon Imbau Petani Daftar Asuransi Usaha Tani Padi

SURANENGGALA [89,2 CR] – Banyak petani yang terdampak banjir belum mendaftar Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). Mereka menganggap asuransi kurang menguntungkan dan pembuatannya rumit.

Terkait hal ini, Sekretaris Dinas (Sekdis) Dinas Pertanian dan Peternakan (Distan) Kabupaten Cirebon Wasman angkat bicara. Menurutnya pembuatan AUTP tidak dipungut biaya alias gratis. Para petani cukup membayar premi senilai Rp36.000,- permusim perbulan untuk 1 hektare.

“Premi ini  yang dianggap memberatkan sementara sebagian besar lahan pertanian digarap bukan oleh pemilik melainkan petani penggarap,” ungkapnya kepada awak media, Kamis (21/01/21).

Wasman berharap pada tahun 2021 secara berlahan petani mulai mendaftarkan AUTP. karena, sepanjang bulan Januari baru 890 hektare sawah yang terdaftar, sementara yang baru membayar premi baru 787 hektare sawah.

“Semoga para petani yang ikut asuransi tertib dalam membayar,” tambahnya.

Mengingat banjir kerap melanda lahan pertanian di Kabupaten Cirebon, ia meminta para petani untuk mendaftarkan lahan pertanian.

“lahan pertanian pada musim hujan terkena banjir. Para petani butuh bantuan pemerintah. Bukan hanya itu asuransi juga bisa diklaim,” tuturnya.

Adapun data sawah pada Distan yang terendam banjir hingga perhari kemarin terdapat 16.354 hektare sawah dan yang perlu diwaspadai adalah 503 hektare sawah. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top