Connect with us

DKOKP Kota Cirebon Targetkan Sektor Pariwisata Miliki Sertifikat CHSE

Berita Cirebon Radio

DKOKP Kota Cirebon Targetkan Sektor Pariwisata Miliki Sertifikat CHSE

KEJAKSAN [89,2 CR] – Sektor pariwisata di Kota Cirebon berusaha untuk memiliki Sertifikasi CHSE (Clean, Health, Safety and Environment) yang diterbitkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Sertifikasi tersebut sebagai bukti tempat yang akan dikunjungi menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon, Agus Suherman mengatakan, sektor pariwisata yang dimaksud adalah hotel, restoran dan tempat wisata. Ketiganya harus memenuhi standar yang diberikan Kemenparekraf untuk bisa mendapatkan sertifikat.

“Antara hotel, restoran dan tempat wisata tentu berbeda syaratnya. Namun yang pasti harus menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya usai pelatihan yang dilakukan Kemenparekraf, Jumat (20/11/20).

Lebih lanjut Agus menjelaskan, sektor usaha pariwisata di Kota Cirebon banyak yang telah mengusulkan ke Kemenparekraf. Saat ini dalam tahap verifikasi, setelah terpenuhi baru sertifikasi diterbitkan. Ia memastikan sertifikasi dapat mempengaruhi kunjungan wisatawan di Kota Cirebon.

“Salah satu syarat kami memberikan rekomendasi. Baru ada 15 yang mengajukan ke kami. Tentunya semakin banyak tempat yang memiliki sertifikat CSHE semakin tinggi kunjungan wisatawan,” tuturnya.

Kenyamanan wisatawan tambah Agus, akan terjamin saat berada di hotel, restoran dan tempat pariwisata. Karena usaha yang bersertifikat CSHE menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, bukan hanya menyediakan fasilitas namun juga pelayanan.

“Wisatawan akan merasa terlindungi karena tempat yang didatangi sudah bersertifikat CSHE,” tandas dia. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top