Connect with us

DPPKB Kota Cirebon Tetap Berikan Layanan Meski Pandemi Covid-19

Berita Cirebon Radio

DPPKB Kota Cirebon Tetap Berikan Layanan Meski Pandemi Covid-19

KESAMBI [89,2 CR] – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Cirebon tetap memberikan pelayanan KB kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Pelayanan KB ini terus berjalan walaupun ada sebagian masyarakat khawatir dengan pelayanan KB ditengah pandemi covid 19.

Kepala DPPKB Suwarso Budi W menjelaskan pada Hari Keluarga Nasional (HKN) DPPKB memberikan pelayanan KB serentak sejuta akseptor secara Nasional. kota Cirebon mendapatkan 1334 akseptor KB yang tersebar di semua kecamatan. Dalam kegiatan tersebut tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Memang tidak ada seremoni karena menghindari kumpul kumpul orang. Pelayanan KB tetap berjalan namun tetap menerapan protokol kesehatan secara ketat seperti menggunakan masker, cuci tangan menggunakan hand sanitizer, dan pelayanannya semua tersentral di seluruh puskesmas di Kota Cirebon,” katanya, Jumat (7/8/20).

Pihaknya membeberkan Kepesertaan KB terhitung si kota Cirebon mulai Januari sampai dengan Pertengah Juli tercatat 25.561 akseptir KB, terdiri datu IUD 3328, MOW 2053, MOP 29, kondom 427, implan 1272, suntik 15545, Pil 2907.

Menurut Budi, di DPPKB hanya mendata jumlah akseptor KB dan tidak mendata angka kehamilan dan angka kelahiran, karena itu wilayahnya dinas kekesehatan. Budi kurang sependapat pandemi covid 19 menjadi pemicu kenaikan angka kelahiran, padahal pandemi dimulai pada pertengah Maret 2020, ketika sekarang bulan Juli 2020 maka belum pada proses melahirkan. Akan tetapi masih proses hamil itupun baru antara 4-5 bulan.

“Untuk saat ini belum ketahuan angka kelahiran tapi lebih pada angka kehamilan, itupun datanya ada di Dinkes,” kata Budi.

Dalam catatan kondisi program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) kota Cirebon Juni tahun 2020, jumlah penduduk 291.805 jiwa tergabung kedalam 84.320 KK. Jumlah keluarga ora sejahtera dan keluarga sejahtera I sebanyak 39.273 . Jumlah wanita usia subur (WUS) 95.711, pasangan usia subur (PUS) 40.073. Kemudian pasangan usia subur yang tidak ber KB 14.509. Sedangkan Nom pasangan usia subur jumlahnya 44.245. Selama pandemi covid 19, menurut Budi, pelayanan KB di puskesmas, walaupun memiliki mobil layanan KB, namun saat ini belum bisa karena DPPKB tidak memiliki APD yanh memadahi dan yang memiliki APD adalah puskesmas. Bahkak pelayanan KB di puskesmas ditentukan waktu dan undangan sehingga tidak sampai memunculkan kerumunan di puskesmas. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top