Connect with us

DPPKB Yakin Raperda Ketahanan Keluarga Mampu Sepadankan Jumlah Penduduk Hingga Ekonomi

Berita Cirebon Radio

DPPKB Yakin Raperda Ketahanan Keluarga Mampu Sepadankan Jumlah Penduduk Hingga Ekonomi

KEJAKSAN – Berbagai hal yang berkaitan dengan keluarga dapat berjalan sepadan dengan pembangunan yang dicanangkan Kota Cirebon. Bahkan, hal tersebut juga dipercaya dapat beriringan dengan sektor ekonomi.

Hal tersebut merupakan tujuan utama yang diharapkan terwujud dengan disusunnya Raperda Ketahanan Keluarga. Saat ini raperda tersebut pun sedang dilakukan pembahasan oleh Pansus DPRD dan Tim Asistensi Pemkot Cirebon.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Cirebon, Suwarso Budi Winarno mengutarakan, Raperda tentang Ketahanan Keluarga bisa menyelaraskan antara jumlah penduduk, pembangunan, dan ekonomi di Kota Cirebon.

“Parameternya itu tetap tidak jauh dari kesetaraan dan kesejahteraan keluarga. Seperti meningkatnya sumber daya keluarga, mampu membiayainya keluarganya dan lainnya,” terangnya, Selasa (8/6).

Dijelaskannya, Raperda tentang Ketahanan Keluarga juga bisa menyinggung soal batas membatasi dan mengatur kelahiran. Kemudian, lanjut dia, pembinaan terhadap calon pengantin harus dilakukan.

“Jadi mungkin ada muatan-muatan bagaimana masyarakat yang akan membangun keluarga mendapatkan pengetahuan, tentang keluarga yang berkualitas,” tuturnya.

Pihaknya bersama Tim Asistensi Pemkot Cirebon juga telah mengusulkan adanya muatan lokal atau nilai-nilai khas Cirebon dalam raperda tersebut. Agar perda tersebut dapat diterima masyarakat dan mampu meningkatkan kesejahteraannya.

“Raperda ini merupakan implementasi dari undang-undang. Dan selaras dengan Perda Nomor 9/2014 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga Provinsi Jabar,” pungkasnya. [CR01]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top