Connect with us

DPPKP Kota Cirebon Imbau Masyarakat Beli Hewan Kurban Berlabel

Berita Cirebon Radio

DPPKP Kota Cirebon Imbau Masyarakat Beli Hewan Kurban Berlabel

LEMAHWUNGKUK [89,2 CR] – Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Cirebon turun langsung pemeriksaan kesehatan hewan kurban, Jumat (24/7/20). Hewan yang dinyatakan sehat akan terpasang label dari DPPKP. Masyarakat diminta membeli yang berlabel tersebut.

Kabid Peternakan dan Pertanian DPPKP Kota Cirebon Iin Inayati menjelaskan, label sehat merupakan jaminan bagi masyarakat bahwa hewan kurban layak dikonsumsi dan sesuai syariat Islam. Bagi yang tidak berlabel, belum bisa dipastikan Kesehatannya.

“Label itu penting karena sebelum dipasang, kami kami periksa secara detail apalagi Kota Cirebon masih pandemi Covid-19,” paparnya, Jumat (24/7/20).

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban tidak hanya dilakukan sebelum Idul Adha. Namun petugas akan kembali memeriksa kesehatan hewan, terutama bagian organ dalam hewan saat hari-H. Pemeriksaan tersebut dilakukan di tempat-tempat penyembelihan.

“Dasarnya dari pedoman dari Kementan, SK (Surat Keputusan) Gubernur Jabar dan SE (Surat Edaran) wali kota terkait pelaksanaan penyembelihan kurban,” tambahnya.

Iin mengimbau kepada panitia hewan kurban agar penyembelihan tidak lakukan saat hari H, namun bisa dilakukan pada hari tasyrik. Setelah di potong, daging kambing wajib diantarkan ke rumah, tidak dibagikan pada lokasi pemotongan. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top