Connect with us

DPPKP Kota Cirebon Imbau Warga Terapkan Urban Farming Untuk Ketahanan Pangan

Berita Cirebon Radio

DPPKP Kota Cirebon Imbau Warga Terapkan Urban Farming Untuk Ketahanan Pangan

KEJAKSAN [89,2 CR] – Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Cirebon mengimbau masyarakat menerapkan Urban Farming sebagai solusi ketahanan pangan. Pasalnya ketersediaan lahan subur di Kota Cirebon kian menyusut.

Kepala DPPKP Kota Cirebon, Yati Rohayati menjelaskan, Urban Farming adalah metode bercocok tanam memanfaatkan lahan pekarangan rumah. Cara yang digunakan dengan Vertikultural, Hidroponik, Polybag, dan Planterbag.

“Kami menyarankan masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah dengan Urban Framing,” katanya kepada awak media, Senin (16/11/20).

Sayuran, buah-buahan cocok menggunakan metode Urban Framing. Namun harus menggunakan media polybag. Waktu panen metode Urban Framing tidak lama. Selain itu mudah diawasi karena berada di pekarangan rumah.

“Sayuran yang cocok sesuai dengan jenisnya seperti kangkung, pakcoy, selada, bayam dan banyak lagi, Buah-buahan pakai planterbag bisa buah mangga, srikaya, jambu dan buah lainnya tap yang mudah untuk di tanam ini buah mangga dan srikaya,” tambahnya.

Dia menjelaskan, setiap tahun lahan produktif di Kota Cirebon semakin berkurang, data ini tercatat sejak tahun 2016 hingga tahun 2019 lahan produktif kurang dari 100 Hektar.

“Setiap tahun lahan produktif berkurang hampir 100 hektar. lahan ini kebanyakan dialih fungsikan, ada yang dibuat perumahan dan fungsi lainnya karena lahan ini ternyata bukan milik petani, petani ini hanya mengolah saja,” paparnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top