Connect with us

DPRD Kota Cirebon Gelar Rapat Paripurna 3 Raperda Delegatif

Berita Cirebon Radio

DPRD Kota Cirebon Gelar Rapat Paripurna 3 Raperda Delegatif

KEJAKSAN [89,2 CR] – DPRD Kota Cirebon menggelar rapat Paripurna 3 Raperda delegatif di ruang Griya Syawala Kota Cirebon, Senin (24/8/20). Agenda rapat mendengarkan pandangan dari fraksi terkait Raperda penambahan pernyataan modal PD Bank Pasar, pencegahan dan penanggulangan penyakit dan dana cadangan untuk Pilkada 2024 mendatang.

Juru bicara fraksi Partai Gerindra Fitrah Malik mendorong Raperda penanggulangan dan pencegahan penyakit agar Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon fokus kepada persoalan masyarakat yang belum memiliki BPJS. Pasalnya terdapat 27.533 masyarakat tidak ter-cover BPJS PBI.

“Kami minta Pemda bisa mecover BPJS PBI kepada masyarakat tidak mampu. Sehingga kesehatan mereka terjamin oleh pemerintah,” ujarnya.

Sementara juru bicara Fraksi PAN, Dani Mardani mendukung penyertaan modal bagi PD Bank Pasar asalkan orientasinya untuk bisa melayani masyarakat Kota Cirebon dan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Penyertaan modal harus berbanding lurus dengan pendapatan. Kami sangat mendukung asalkan kedepan Bank Pasar lebih baik,” katanya.

Sementara juru bicara PDI Perjuangan meminta dana cadangan Pilkada 2024 harus dijelaskan secara detail penggunaan anggaran dan harga yang dihitung sesuai dengan perkiraan 4 tahun kedepan. Dari anggaran 36 Miliar, ia mengusulkan di bagi menjadi 3 tahap penganggaran terlebih saat ini ekonomi tengah menghadapi pandemi Covid-19.

Sementara itu Wali Kota Cirebon Drs Nashrudin Azis menjawab pandangan fraksi mengenai Raperda tersebut. Menurutnya dibutuhkan komitmen dan pengorbanan dari seluruh penyelenggara pemerintahan agar bisa mengcover BPJS PBI. Hal ini berkaitan dengan nilai yang cukup besar.

“Butuh komitmen dan pengorbanan jika ingin mengcover anggaran untuk BPJS PBI. Karena nilainya sangat besar,” tuturnya.

Terkait penyertaan modal PD Bank Pasar, Wali Kota setuju dengan usulan tersebut. Diakuinya, PD Bank Pasar harus lebih baik karena persaingan sangat ketat. Orientasi bukan hanya penyertaan modal namun lebih kepada bagaimana PD Bank Pasar seperti bank lain di Cirebon.

Sedangkan mengenai Anggaran cadangan pilkada 2024, pedoman hasil kajian pemilihan umum telah kerjasama dengan penyelenggara pemilu dan pihak keamanan. Kajiannya akan diperdalam dan didiskusikan lebih lanjut.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top