Connect with us

DPUPR Kota Cirebon Mulai Kerjakan Peningkatan Trotoar Siliwangi dan Kartini

Berita Cirebon Radio

DPUPR Kota Cirebon Mulai Kerjakan Peningkatan Trotoar Siliwangi dan Kartini

KESAMBI [89,2CR] – Penebangan pohon di Jalan Siliwangi dan Jalan Kartini merupakan kebutuhan, karena trotoar di dua jalan protokol tersebut akan ditata oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

“Pekerjaan penataan trotoar akan diikuti oleh revitalisasi drainase yang ada dibawahnya, sehingga pohon besar yang menghalangi pekerjaan akan ditebangi,” terang, kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Wadi SE, Rabu

Di sepanjang Jalan Siliwangi, kata Wadi, pihaknya sudah mendata dan menandai, dari 245 pohon yang ada, 215 pohon sudah ditandai untuk ditebang karena berada ditengah badan trotoar yang akan ditata.

Sedangkan di Jalan Kartini, mulai dari persimpangan Siliwangi hingga rel KA, terdata ada sekitar 25 pohon di kiri dan kanan jalan yang menghalangi pekerjaan dan sudah ditandai untuk ditebang.

“Pohon itu akan dipotong, Jalan Siliwangi sampai lamer Krucuk, jalan Kartini sampai rel, itu tidak semua kita potong, hanya yang berdiri diatas drainase dan yang mengganggu jalur difabel saja,” ungkap Wadi.

Kondisi existing trotoar saat ini, dijelaskan Wadi, trotoar yang akan ditata berukuran 1,8 meter, dan direncanakan pada penataan kali ini lebar badan trotoar akan ditambah hingga 50 cm.

Untuk drainase yang ada di bawahnya sendiri, ruang drainase memang masih mencukupi untuk aliran air, namun kondisi saat ini sedimentasinya mencapai ketinggian satu meter, sehingga selain menata trotoar, proyek dengan anggaran 11,9 milyar tersebut juga akan melakukan normalisasi terhadap seluruh drainase di jalan Siliwangi-Kartini.

“Pekerjaannya itu penataan trotoar, normalisasi dan rehabilitasi drainase, kita keruk, ambil lumpurnya, jika ada yang perlu direhab kita rehab, nanti ada beberapa lampu taman dan kursi taman yang kita pasang,” jelas Wadi. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top