Connect with us

Dua Kali Pegawainya Kena OTT, Kadisdukcapil Kabupaten Cirebon Kecewa

Berita Cirebon Radio

Dua Kali Pegawainya Kena OTT, Kadisdukcapil Kabupaten Cirebon Kecewa

SUMBER [89,2 CR] – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cirebon Mohammad Syafrudin menyerahkan kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) pembuatan KTP Elektronik kepada pihak berwajib. Ia menyesali perbuatan yang dilakukan anak buahnya, terlebih peristiwa tersebut bukan yang pertama kali.

“Biar pihak yang berwajib yang menyelesaikan kasus OTT tersebut. Secara pribadi kecewa dan menyesal apalagi sudah dua kali seperti ini (OTT layanan KTP Elektronik),” katanya kepada awak media, Kamis (25/06/20).

Syafrudin memaparkan, di masa pandemi Covid-19 sudah memberikan pengumuman untuk pengurusan data kependudukan secara online. Setelah selesai dicetak data kependudukan akan diantar ke kecamatan dan dikirim via pos. Hanya butuh waktu lima hari untuk mengurus, jika persyaratan lengkap. Pembuatan data kependudukan tidak dipungut biaya alias gratis.

“Imbauan sudah kami sampaikan baik kepada masyarakat dan petugas. Kami tekankan lebih kepada pelayanan online,” tambah dia.

Evaluasi akan dilakukan agar hal serupa tidak kembali terjadi. Bukan hanya itu masyarakat diminta tidak mengurus data kependudukan melalui oknum atau calo yang memanfaatkan celah dalam pelayanan.

Seperti diketahui lima orang oknum di Disdukcapil Kabupaten Cirebon diciduk Tim Saber Pungli karena diduga melakukan pungli dalam kepengurusan KTP Elektronik. Belasan juta uang berhasil di sita termasuk barang bukti blangko dan KTP yang sudah selesai di cetak. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top