Connect with us

Forkopimda Kota Cirebon Ikuti Kirab Merah Putih HUT ke-76 TNI

Berita Cirebon Radio

Forkopimda Kota Cirebon Ikuti Kirab Merah Putih HUT ke-76 TNI

KEJAKSAN – Forkopimda Kota Cirebon mengikuti Kirab Merah Putih yang diselenggarakan untuk memperingati HUT ke-76 TNI. Kirab tersebut dimulai dari Balai Kota Cirebon menuju Astana Sunan Gunung Jati.

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, Kapolres Cirebon Kota, AKBP M. Fahri Siregar, Dandim 0614/Kota Cirebon, Letkol Inf Andi Hasbullah, Danlanal Cirebon, Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera, dan lainnya menaiki mobil jeep dalam kirab tersebut.

Selain itu, Paskibraka Kota Cirebon juga turut mengikuti Kirab Merah Putih sambil membawa bendera merah putih. Kirab itu merupakan rangkaian kegiatan Tausiyah Kebangsaan oleh Habib Luthfi Bin Yahya yang akan digelar di Balai Kota Cirebon besok.

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis menuturkan, bendera yang dibawa Paskibraka Kota Cirebon akan disemayamkan dan dibacakan Al Quran hingga khatam di makam Kanjeng Sunan Gunung Jati.

“Setelah itu bendera merah putih akan menjadi bendera pusaka yang akan dikibarkan pada momen peringatan hari besar. Kirab ini dilanjutkan besok dengan membawa bendera tersebut dari Astana Gunung Jati ke Balai Kota Cirebon,” terangnya, Sabtu (9/10).

Dijelaskannya, kirab tersebut dilanjutkan tausiyah kebangsaan oleh Habib Luthfi bin Yahya mulai pukul 19.30 WIB. Pihaknya memastikan kegiatan tersebut akan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Bahkan, tausiyah juga hanya dihadiri 375 undangan yang telah ditentukan. Namun, warga Kota Cirebon dapat menyaksikan tausiyah kebang saan dari rumah karena akan disiarkan langsung dalam live streaming.

“Ide ini awalnya muncul dari Habib Luthfi dengan tujuan untuk memupuk rasa kebangsaan. Sehingga melalui kegiatan ini kita memupuk kembali rasa kebangsaan dan rasa cinta tanah air,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Cirebon Kota, AKBP M. Fahri Siregar, menjelaskan telah menyosialisasikan kepada organisasi Islam, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan lainnya untuk tidak mendatangi lokasi tausiah kebangsaan di Balai Kota Cirebon.

“Di setiap pesantren nantinya akan dipasang layar lebar agar tausiah kebangsaan dari Habib Luthfi dapat dilihat langsung. Kami dibantu TNI, Dishub dan Satpol PP menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas terbatas untuk lancarnya acara ini,” tuturnya.

Sedangkan Dandim 0614/Kota Cirebon, Letkol (Inf) Andi Hasbullah, bangga dan merasa terhormat dengan kegiatan ini. Pasalnya, biasanya pihaknya sendiri yang merayakan HUT TNI tapi kini dirayakan oleh seluruh masyarakat.

“Kami telah menempuh seluruh prosedur yang ditentukan, sehingga tetap mematuhi protokol kesehatan. Kami minta juga jangan sampai kegiatan ini dipolitisir karena ini murni untuk memupuk rasa kebangsaan dan cinta tanah air,” pungkasnya. [CR01]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top