Connect with us

Forum Cirebon Bersatu Unjuk Rasa Tolak RUU HIP

Berita Cirebon Radio

Forum Cirebon Bersatu Unjuk Rasa Tolak RUU HIP

KEJAKSAN [89,2 CR] – Ribuan masa yang tergabung dalam Forum Cirebon Bersatu (FCB) menggelar unjuk rasa penolakan terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) di depan gedung DPRD Kota Cirebon, Senin (6/7/20).

Unjuk rasa yang dikawal ketat pihak kepolisian ini, diawali long march dari gedung BAT menuju jalan Siliwangi. Orasi dari Ormas, LSM dan OKP dilakukan bergantian. Perwakilan dari mereka audiensi langsung dengan unsur pimpinan DPRD Kota Cirebon.

Koordinator massa aksi, Almarwi, mengatakan, aksi ini sebagai bentuk kepedulian terhadap pancasila yang akan dirubah dalam RUU HIP menjadi Trisila bahkan ekasila. Padahal masih banyak urgensi yang harus dilakukan wakil rakyat.

“Kami tergabung dalam FCB menolak RUU HIP. Aksi sebagai bentuk kepedulian kami terhadap pancasila yang ingin diganti,” tegasnya.

Didasari adanya RUU HIP berpotensi mengubah ideologi Pancasila, dan hal tersebut sudah diketahui oleh masyarakat. Padahal, Pancasila ini merupakan dasar negara di Indonesia dan tidak boleh diubah sama sekali.

Pemerintah lanjut Almarwi, masih belum menolak RUU HIP yang diajukan oleh DPR RI. Oleh sebab itu ia berharap agar melalui aksi ini, DPRD Kota Cirebon bisa menyampaikan aspirasi masyarakat di Kota Cirebon terkait penolakan kepada DPR RI di Jakarta.

“Semoga aksi yang kami lakukan bisa diteruskan kepada anggota DPR RI di Jakarta,” harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati, A.Ma menyatakan tiga sikap diantaranya yang pertama sumpah akan setia kepada NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 45. Kedua sumpah akan menjaga kesatuan dan persatuan bangsa di NKRI demi masyarakat adil dan makmur. Dan ketiga sumpah akan menjaga NKRI dari paham komunisme, liberalisme, animisme, dan sekulerisme.

“Apa yang jadi keinginan oleh FCB akan kami teruskan ke anggota dewan yang di Senayan,” tandas dia. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top