Connect with us

Ini Capaian Pemda Kabupaten Cirebon Dalam Penanganan Covid-19

Berita Cirebon Radio

Ini Capaian Pemda Kabupaten Cirebon Dalam Penanganan Covid-19

SUMBER [89,2 CR] – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Cirebon patut diacungi jempol dalam penanganan Covid-19. Prestasi yang ditorehkan cukup banyak, dari mulai MoU dengan Fakultas Kedokteran Universitas Gunung Jati (FK UGJ) hingga swab test massal kepada para santri yang akan kembali ke pondok pesantren di luar Kabupaten Cirebon.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19, Nanan Abdul Manan menjelaskan, penanganan cepat tanggap dilakukan Pemda Kabupaten Cirebon. Seperti, pada 5 Mei 2020 Pemda Kabupaten Cirebon membuat kesepakatan dengan UGJ dalam penanganan Covid-19 dan memiliki alat PCR pertama di wilayah 3 Cirebon. Hasilnya penanganan Covid-19 lebih optimal dan langkah pencegahan bisa langsung dilakukan.

“Sebagai bukti kepada masyarakat bahwa kami selalu yang pertama dalam penanganan Covid-19. Pemda Kabupaten Cirebon membeli alat PCR kemudian kerjasama dengan FK UGJ. Hasilnya dulu swab test harus menunggu sampai dua pekan kini hanya satu hari,” kata Nanan yang juga Kabag Humas Setda Kabupaten Cirebon, Kamis (9/7/20).

Ia memaparkan, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Cirebon bergerak cepat dengan melakukan swab test massal di tempat keramaian seperti pasar, supermarket, kantor pemerintah, puskesmas dan rumah sakit pada awal Juni. Hasilnya sudah 4500 orang menjalani swab test massal. Gugus Tugas sendiri memiliki 5000 alat swab test. Hasil swab test bisa diketahui dalam waktu satu hari.

“Swab test massal di seluruh tempat keramaian, termasuk pada santri. Kami ingin penanganan dengan cepat dan efektif,” ujarnya.

Gugus Tugas Covid-19 juga telah melaksanakan swab test massal pagi para santri baik yang akan ke luar Kabupaten Cirebon atau yang datang ke Kabupaten Cirebon pada 11 Juni lalu. Pihaknya menyediakan 5000 swab test massal bagi santri yang kembali ke pondok pesantren di luar kota dan menyediakan 22 ribu rapid test untuk santri yang datang dari luar Kabupaten Cirebon.

Upaya yang dilakukan tidak dipungut biaya alias gratis. Ia berharap langkah pencegahan mampu mengurangi penularan Covid-19. Nanan mengimbau kepada masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker, rajin cuci tangan, olahraga dan jika sakit langsung dibawa ke dokter terdekat. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top