Connect with us

Ini Kata PDP Terkait Rencana Kawasan Kesenden Kota Cirebon Menjadi Objek Wisata

Berita Cirebon Radio

Ini Kata PDP Terkait Rencana Kawasan Kesenden Kota Cirebon Menjadi Objek Wisata

KEJAKSAN [89,2 CR] – Direktur PD Pembangunan (PDP) Kota Cirebon Panji Amiarsa membenarkan bahwa ada investor yang akan membangun kawasan laut Kesenden, Kota Cirebon. Namun belum ada kesepakatan yang mengingat antar kedua belah pihak.

“Kami benarkan memang ada dan sempat berkomunikasi,” katanya kepada awak media usai rapat dengan Komisi II dan investor, Rabu (24/02/21).

Ia menjelaskan, rencana tersebut masuk pada tahap pemetaan area lahan, verifikasi kuasa penggarapan dan validasi luas tanah yang digunakan sekitar 10 – 15 Hektare. PDP menggunakan dasar hukum peraturan Menteri Agraria No 9 Tahun 1999 tentang Tata Cara Pemberian dan Pembatalan Hak Atas Tanah Negara dan Hak Pengelolaan.

“Kami tidak ingin tergesa-gesa karena lahan yang digunakan sampai dengan saat ini masih dimanfaatkan oleh masyarakat. Oleh sebab itu kami perhitungkan dengan matang,” jelasnya.

Dia mendorong percepatan kerjasama dengan investor dengan poin perjanjian yang berimbang. Termasuk time line pengerjaan dan pengamanan hukum jika terjadi persoalan dikemudian hari. Hal ini sangat penting untuk menjaga kepercayaan investor yang datang ke Kota Cirebon.

“Rumusan nanti melibatkan pihak dari PDP dan investor. Pada saat tandatangan MoU wajib disaksikan notaris,” ujar dia.

DPRD Kota Cirebon berkewajiban mendorong dan ikut mengawasi proses pembangunan. Terlebih recana kawasan Kesenden menjadi objek wisata akan berdampak luas bagi Kota Cirebon.

Terkait adanya miss komunikasi, Panji menegaskan penundaan bukan keinginan dari pihaknya, melainkan dari investor karena pandemi. Termasuk penjelasan dari Liaison officer (LO) yang tidak menjelaskan secara utuh mengenai kerjasama.

“LO yang dulu meninggal, kami minta laporan yang utuh agar tidak ada salah paham kembali dikemudian hari. Kami selama ini sangat terbuka bahkan melibatkan kecamatan dan kelurahan,” tegasnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top