Connect with us

Ini Rutilahu Tanggung Jawab DSP3A Kota Cirebon

Berita Cirebon Radio

Ini Rutilahu Tanggung Jawab DSP3A Kota Cirebon

KESAMBI [89,2 CR] – Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A) Kota Cirebon, Santi Rahayu memastikan program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) ada dinasnya. Namun bagi rumah yang rusak lapuk termakan usia bukan rumah bencana.

“Rusaknya karena rapuh ada di kami, kalau bencana ada di Dinas Pemukiman Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP),” katanya kepada awak media, Selasa (12/01/21).

Untuk program Rutilahu, lanjut Santi, pihaknya hanya melakukan pendataan sedangkan penganggaran kewenangan di Badan Keuangan Daerah (BKD). Nantinya pengajuan dari masyarakat akan di verifikasi apakah layak mendapat program Rutilahu atau tidak.

“Kami tidak bisa menganggarkan tapi kami hanya administrasi. Anggarannya di BKD namanya bantuan sosial tidak direncanakan,” paparnya.

Pada tahun lalu, pihaknya telah memperbaiki Rutilahu sebanyak 162 rumah dengan anggaran yang dikucurkan BKD sebesar 1 Miliar. Untuk tahun ini pihaknya masih menunggu pendataan dari setiap RW.

“Kalau dihitung banyak tapi tak terkalahkan dengan anggaran yang di BKD,” tambahnya.

Santi meminta masyarakat memahami program Rutilahu dengan baik. Jangan sampai kurang pemahaman, disos menggambarkan program tersebut.

“Harus diimplementasikan dengan baik jadi masyarakat tidak lagi salah mengajukan Rutilahu,” tandasnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top