Connect with us

Ini Syarat Program Bataru Gagasan Disdik Jabar

Berita Cirebon Radio

Ini Syarat Program Bataru Gagasan Disdik Jabar

KEJAKSAN [89,2 CR] – Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) menggagas program Bakti Padamu Guru (Bataru). Program kredit rumah tinggal bersubsidi ini diperuntukan bagi penyelenggara pendidikan dari tingkat SD, SMP, SMA, SMK hingga SLB se Jabar.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi mengatakan, Bataru hadir di 20 kabupaten dan kota, terdiri dari lima level kota dan 15 kabupaten. Rencananya akan dibangun 5000 rumah dengan cicilan sekitar 900 ribu sebulan.

“Guru yang belum memiliki hunian bisa mengajukan program ini. Ingat syarat dan ketentuan berlaku,” katanya kepada awak media, Minggu (21/02/21).

Lebih lanjut Dedi menjelaskan, syarat menjadi pemilik rumah Bataru diantaranya, penghasilan pemohon di bawah Rp8 juta, minimal berusia 21 tahun atau sudah menikah, dan terpenting belum memiliki rumah. Para guru yang ingin mendapat informasi lebih detail bisa berkoordinasi dengan Disdik setempat.

“itu syarat utama, sedangkan syarat-syarat lain bisa berkomunikasi dengan Disdik yang ada di masing-masing guru tinggal,” jelas dia.

Untuk mendukung program Rumah Bataru, pihaknya merilis sistem aplikasi Pakasep. Melalui aplikasi ini akan memastikan bahwa tanah yang digunakan sebagai perumahan Bataru tidak memiliki masalah.

“Ini yang terus kita lakukan. Dengan operator sistem sehinga teman teman guru merasa terlindungi hak-haknya,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Jabar Ridwan Kamil memastikan, rumah subsidi Bataru ini bukan hanya untuk guru. melainkan tenaga pendidikan seperti seperti tata usaha sampai penjaga sekolah.

“Pokoknya semua yang berjasa di dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Jabar itu yang difasilitasi,” ujar Ridwan Kamil. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top