Connect with us

Jalan Umum Diklaim Sepihak, Warga Larangan Kota Cirebon Protes

Berita Cirebon Radio

Jalan Umum Diklaim Sepihak, Warga Larangan Kota Cirebon Protes

HARJAMUKTI [89,2 CR] – Warga RW 8 dan RW 9 Kelurahan Larangan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon melayangkan protes kepada pihak yang klaim lahan jalan Bali bagian dari miliknya. Warga khawatir setelah diklaim, jalan umum tersebut akan dijadikan pertokoan seperti yang terjadi sebelumnya.

Ketegangan antara warga dengan pemilik tanah sempat terjadi. Namun pihak kepolisian langsung membawa keduanya ke kantor kelurahan untuk diselesaikan secara musyawarah.

Ketua RW 08, Agus mengaku kaget ada pihak yang mengaku sebagai pemilik tanah. Padahal sejak beberapa tahun lalu, tidak ada yang mengakui. Trauma warga masih terasa, karena sebelumnya jalan sempat ditutup oleh pemilik tanah. Alternatifnya jalan dibuat di samping pertokoan.

“Jalan awalnya lurus tapi jadi belok diujungnya karena sempat tertutup toko. Sekarang masa akan seperti ini lagi,” keluhnya kepada awak media, Senin (28/9/20).

Agus menyadari ruas jalan ini sudah dianggap vital bagi masyarakat di RW 8 dan RW 9. Mereka bergantung dengan ruas jalan tersebut, selain akses lebih dekat, masyarakat mengaku lebih nyaman.

“Kami minta jangan sampai di klaim, kami takut nanti di tutup kembali. Kalau sampai dibangun toko, maka kami terpaksa harus memutar ke ruas jalan lain yang lebih jauh dan sempit,” katanya.

Kuasa hukum pemilik tanah, Teguh Santoso menyampaikan bahwa, sebidang tanah seluas 362 Meter yang berada di ujung jalan Bali merupakan pemilik sah secara hukum. Karena sudah dilengkapi sertifikat. Dari jumlah itu 160 meter digunakan untuk jalan umum.

“Kami bisa buktikan secara surat dan secara hukum. Persoalannya hanya kami minta pengakuan dari masyarakat bahwa klien kami benar sebagai pemilik tanah,” ujarnya.

Dalam persoalan ini, pihaknya tidak ingin membawa sampai ke ranah hukum, namun lebih mengedepankan musyawarah mufakat. Ada pun keinginan masyarakat akan dijadikan bahan pertimbangan selanjutnya oleh pemilik tanah. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top