Connect with us

Jasa Raharja Gelar Sosialisasi Keselamatan di JPL Sebidang Kartini Kota Cirebon

Berita Cirebon Radio

Jasa Raharja Gelar Sosialisasi Keselamatan di JPL Sebidang Kartini Kota Cirebon

KEJAKSAN – PT Jasa Raharja menggelar Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas kepada pengguna jalan di Jalur Perlintasan Langsung (JPL) Sebidang Jalan Kartini Kota Cirebon, Selasa (12/10). Kegiatan itu berkolaborasi dengan PT KAI Daop 3 Cirebon, Dishub Kota Cirebon, Satlantas Polres Cirebon Kota, dan Komunitas Edan Sepur.

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Barat, Hendri Afrizal, menyampaikan kegiatan tersebut dilatarbelakangi tingginya kasus kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh tertabrak kereta api setiap tahunnya.

Bahkan, para korbannya tidak hanya berasal dari pengemudi kendaraan bermotor saja. Namun, para pejalan kaki yang tertabrak kereta api saat melintasi JPL Sebidang di wilayah Jawa Barat.

“Hal itu diakibatkan karena beberapa faktor penyebabnya. Salah satu faktor penyebabnya yaitu pengendara kendaraan masih melakukan pelanggaran ketika palang perlintasan kereta api sudah tertutup,” terangnya.

Selain itu, disebutkannya masih banyak pengendara yang nekat menerobos dan melawan arus, sehingga PT Jasa Raharja melaksanakan kegiatan sosialisasi tersebut. Sehingga angka kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh tertabrak kereta api di Jawa Barat dapat ditekan

“Sebelumnya kegiatan ini telah dilaksanakan di JPL Sebidang Jalan Kiaracondong Bandung. Sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para masyarakat mengenai pentingnya keselamatan berlalu lintas,” paparnya.

PT Jasa Raharja membagikan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker, hand sanitizer, sarung tangan kepada para pengguna jalan dan juga Traffic Cone. Ia juga menyampaikan beberapa tips aman saat melintasi JPL Sebidang :

Diantaranya, mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada, mengurangi Kecepatan saat melintasi rel, berhenti ketika sinyal sudah berbunyi dan palang pintu kereta api mulai ditutup, setelah kereta api lewat, tunggu palang pintu terbuka dengan sempurna, serta tertib berkendara dan jangan saling menyalip saat melintas di atas rel

“PT Jasa Raharja sebagai Badan Usaha Milik Negara penyelenggara Program Perlindungan Dasar Kecelakaan Penumpang Umum dan Lalu Lintas Jalan senantiasa berperan aktif dalam
kegiatan pencegahan kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya. [CR01]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top