Connect with us

Jelang PSR di Jamblang, Lesbumi Kabupaten Cirebon Perkuat Sinergitas dengan Semua Pihak

Berita Cirebon Radio

Jelang PSR di Jamblang, Lesbumi Kabupaten Cirebon Perkuat Sinergitas dengan Semua Pihak

JAMBLANG – Pengurus Cabang (PC) Lembaga Seni dan Budaya Muslimin Indonesia (Lesbumi) PCNU Kabupaten Cirebon memperkuat sinergitas dengan semua pihak yang tergabung dalam panitia lokal Pasar Seni Rakyat (PSR) di Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon.

Ketua Panitia Lokal, Abdul Hamid menuturkan, rencananya PSR tersebut diselenggarakan di Lapangan Bola Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, pada Sabtu – Minggu, (27-28/8) mendatang. Pihaknya pun tengah mempersiapkan segala kebutuhannya.

“Kami berharap, Pasar Seni Rakyat di Kecamatan Jamblang terselenggara dengan lancar. Saat ini, kami juga tengah menyiapkan susunan kepanitiaan, rundown acara, skema lokasi pelaksanaan, dan lainnya,” ucapnya, Sabtu (6/8).

Ia melanjutkan, terdapat lima sanggar seni yang akan memeriahkan perhelatan Pasar Seni Rakyat. Diantaranya, Nimas Mayangsari (Sandiwara Ong Tien Nio, Desa Bojong Lor), Sekar Pusaka (Brai, Desa Wangunharja), Pokdarwis (Lais, Desa Bakung Kidul), Langgeng Safitri Wijaya (Topeng Klana, Desa Orimalang), dan Cipta Bagus Winangun (Sintren, Desa Sitiwinangun).

Koordinator PSR Lesbumi Kabupaten Cirebon, Wahyono An Najih mengatakan, Jamblang menjadi kecamatan yang menarik dengan kehidupan masyarakatnya yang toleran juga sebutan kota tuanya. Sehingga dipilih menjadi lokasi penyelenggaraan PSR.

“Kami berharap kita semua bisa guyub dan gotong royong untuk mensukseskan Pasar Seni Rakyat di Kecamatan Jamblang ini. Karena acara ini dari kita, oleh kita, milik kita, dan untuk kita bersama,” ujarnya.

Senada, Ketua MWC NU Kecamatan Jamblang, Hidayat, mengaku pihaknya sangat mendukung terselenggaranya Pasar Seni Rakyat yang digagas PC Lesbumi Kabupaten Cirebon. Ia pun siap berkontrobusi menyukseskan kegiatan tersebut.

“Kekayaan seni budaya di Kecamatan Jamblang sangat banyak dan kami dari MWC NU sangat merangkul. Bahkan, leluhur kita juga tidak bisa lepas dari seni sehingga ke depannya Jamblang harus lebih baik. Kedisiplinan yang harus ditekankan,” jelasnya.

Sememtara itu, Lebe Wastani Bajuro yang mewakili sesepuh Jamblang mengaku sangat mendukung kegiatan Pasar Seni Rakyat yang digagas oleh PC Lesbumi Kabupaten Cirebon. Pasalnya, kegiatan tersebut menjadi upaya merawat dan memelihara seni budaya Cirebon.

“Terutama Desa Sitiwinangun yang memiliki sejumlah daya tarik tersendiri, tidak hanya gerabahnya yang sangat ikonik, seni budayanya juga sudah mendarahdaging dan turun-temurun. Sehingga masyarakat Insya Allah sangat mendukung,” paparnya. [CR01]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top