Connect with us

Julien Baker Rilis Single Berjudul Faith Healer

Musik Film

Julien Baker Rilis Single Berjudul Faith Healer

Julien Baker akan merilis album studio ketiganya, Little Oblivions, pada 26 Februari mendatang via Matador Records. Ia baru saja membagikan sneak-peak album ini lewat single-nya ‘Faith Healer’, yang menampilkan palet musik dan keberanian yang bisa kamu temukan di Little Oblivions,sebuah transformasi suara dari karya Baker sebelumnya yang lebih intim dan santai.

Simak pula essay tentang album ini yang ditulis oleh penyair, penulis, dan kritikus budaya Hanif Abdurraqib (Go Ahead In The Rain, They Can’t Kill Us Should They Kill Us, A Fortune For Your Disaster).

“Menurutku, ‘Faith Healer’ adalah lagu tentang kejahatan, baik yang terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi, yang muncul dalam perjalanan hidup kita,” ungkap Baker. “Aku mulai menulis lagu ini 2 tahun lalu, dan lagu ini mengungkap soal kecanduan secara literal. Selama beberapa waktu, aku hanya memiliki bait pertama, yang merupakan konfrontasi nyata untuk disonansi kognitif yang dirasakan oleh orang yang ketergantungan obat — sebuah bukti nyata bahwa obat-obatan itu menyakitimu, tetapi juga sekaligus membantumu mengalihkan diri dari dunia. Saat aku kembali mendengarkan lagu ini, aku mulai berpikir tentang pelarian lewat konsumsi zat terlarang mirip dengan pelarian lain yang mengisi jiwaku.”

Ada begitu banyak cara tidak sehat yang kita gunakan untuk menenangkan diri, selain definisi formal tentang kecanduan. Aku (dan begitu banyak orang lainnya) percaya bahwa siapapun – pakar politik, pengkhotbah, pengedar narkoba – saat mereka menjanjikan kesembuhan, betapapun tulusnya mereka, sebetulnya malah menghalangi penyembuhan.”

Little Oblivions direkam di kampung halaman Baker di Memphis, Tennessee sejak Desember 2019 hingga Januari 2020, dibantu engineer Calvin Lauber dan mixing oleh Craig Silvey (The National, Florence & the Machine, Arcade Fire). Permainan gitar dan piano memukau dari Baker dipadukan dengan  bass, drum, synthesizer, banjo, dan mandolin — semua instrumen tersebut dimainkan oleh Baker sendiri. Album ini menjadi autobiografi untuk pengalaman hidup yang ia jalani dan pengamatannya akan sekelilingnya, menunjukkan kepiawaian Baker dalam bercerita.

Album ini menjadi follow-upnya untuk album keduanya di tahun 2017 dan album pertamanya di Matador, Turn Out The Lights. The New York Times memuji LP ini sebagai “karya seorang penulis lagu yang beresonansi dengan penonton internasional (…), album kedua yang langka, membentang melampaui debut yang murni menjadi luar biasa”. The Sunday Times juga menyebutnya sebagai “paduan vokal, aransemen yang kaya, dan post-mortem tentang cinta, kehilangan, kehancuran, dan penerimaan”. Baker juga membawakan lagu-lagu dari album tersebut di Late Show with Stephen Colbert dan CBS This Morning.

Baker membentuk boygenius pada tahun 2017 bersama Phobe Bridgers dan Lucy Dacus. EP boygenius dan tur Amerika mereka menjadi salah satu yang banyak dibicarakan oleh komunitas musik pada tahun 2018, melejitkan nama Baker sebagai salah satu musisi era ini. [CR]

Continue Reading
You may also like...
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Musik Film

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top