Connect with us

Kabupaten Cirebon Raih Penghargaan Layak Anak Enam Kali Berturut-turut

Berita Cirebon Radio

Kabupaten Cirebon Raih Penghargaan Layak Anak Enam Kali Berturut-turut

SUMBER – Kabupaten Cirebon mendapatkan penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) 2021. Penghargaan tersebut diberikan secara virtual oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2A) DPPKBP3A Kabupaten Cirebon, Ida Laela Rupaida mengatakan, Kabupaten Cirebon mendapatkan penghargaan KLA tingkat pratama karena memperoleh skor di atas 500 dan memenuhi lima klaster indikator.

Lima klaster indikator tersebut yakni,
hak sipil kebebasan, lingkungan keluarga, pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahateran, dan perlindungan khusus. Penghargaan kali ini merupakan keenam kalinya yang diterima Kabupaten Cirebon.

Meskipun begitu, kata Ida, Kabupaten Cirebon masih dihadapi permasalahan mulai dari belum terpenuhinya infrastruktur fasilitas rumah anak, zona selamat sekolah, ruang bermain ramah anak, dan lainnya.

“Fasilitas lainnya belum bisa ditingkatkan, karena adanya refocusing anggaran, sehingga kami tidak bisa berbuat banyak. Penghargaan ini kami dapatkan enam kali berturut-turut,” ucapnya, Kamis (29/7).

Sementara itu, Bupati Cirebon, Imron Rosyadu mengungkapkan, anak merupakan modal masa depan untuk melanjutkan pembangunan di Kabupaten Cirebon. Sehingga Pemkab Cirebon memberikan perhatian penuh dalam menyediakan fasilitas ramah anak.

Menurutnya, kalau tidak dipersiapkan saat ini, dikhawatirkan kemajuan daerah tidak berjalan. Bahkan, Imron menyampaikan dalam agama juga disebutkan, jagalah anakmu karena anak-anak yang bakal menolong para orang tuanya.

“Pada situasi pandemi Covid-19 ini, orang tua wajib memberikan perlindungan ekstra dan menjadi suri tauladan baik. Anak punya potensi bagus sehingga orang tua harus memberikan inovasi,” paparnya.

KLA sendiri merupakan sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan demi hak serta perlindungan anak.

Tujuan KLA secara khusus yakni untuk membangun inisiatif pemerintahan kabupaten/kota yang mengarah pada upaya transformasi Konvensi Hak Anak (Convention on the Rights of the Child) dari kerangka hukum ke dalam definisi, strategi dan intervensi pembangunan. [CR01]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top