Connect with us

Kapal Legendaris KRI Dewaruci Singgah di Kota Cirebon, Ini Kata Danlanal

Berita Cirebon Radio

Kapal Legendaris KRI Dewaruci Singgah di Kota Cirebon, Ini Kata Danlanal

KEJAKSAN [89,2 CR] – KRI Dewaruci kembali bersandar di Pelabuhan Muara Jati Cirebon. Kapal legendaris ini singgah ke Cirebon dalam rangka napak tilas sejarah kemaritiman di pulau jawa.

Menurut Komandan Lanal Cirebon, Letkol Laut (P) Afif Yuhadi Putera, masyarakat wajib mengetahui bahwa KRI Dewaruci merupakan kapal buatan Jerman satu-satunya yang masih berlayar keliling dunia. Banyak sejarah yang terjadi di kapal buatan 1952 ini.

“Kapalnya memiliki sejarah tersendiri apalagi perjalanan sampai keliling dunia dan pengalaman awak kapal yang bisa menjadi contoh kepada mereka yang datang,” kata dia kepada awak media, Senin (1/03/21).

Selain Cirebon, KRI Dewaruci akan singgah ke Semarang dan Surabaya dalam rangka pelayaran kebaharian. Menurut Afif, KRI Dewaruci akan bersandar hingga hari Rabu 3 Maret 2021.

“Kapal ini berlayar di tiga daerah, salah satunya Cirebon. Setelah dari Cirebon akan ke Semarang dan Surabaya,” jelasnya.

Afif menambahkan, karena KRI Dewaruci merupakan kapal rakyat dan dari pajak rakyat, sehingga kapal ini boleh open ship. Namun, menurut Afif, harus dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Nanti pengunjung dibatasi dan bergiliran. Tapi tetap mengikuti protokol kesehatan,” ujarnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top