Connect with us

Kekurangan PKB, DPPKB Kota Cirebon Tetap Bekerja Optimal

Berita Cirebon Radio

Kekurangan PKB, DPPKB Kota Cirebon Tetap Bekerja Optimal

KESAMBI [89,2 CR] – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Cirebon kekurangan tenaga Penyuluh KB (PKB). Meski demikian tidak mempengaruhi kinerja PKB yang ada untuk tetap memberikan edukasi masyarakat tentang program KB.

Kepala DPPKB Kota Cirebon, Suwarso Budi Winarno menyadari kekurangan tenaga PKB. dari total 22 PKB, terisisa tinggal 7 orang. PKB yang sebelumnya ditarik oleh pemerintah pusat dan sebagian lagi pensiun.

“Rekrutmen ada di pusat kami hanya melaksanakan tugas. Memang kami kekurangan PKB tapi tetap berusaha bekerja optimal,” ungkapnya kepada Cirebon Radio, Selasa (13/10/20).

Agar program tetap berjalan pihaknya melibatkan kader yang tergabung dalam kampung KB, Tenaga Penggerak Desa (TPD), Bina Keluarga Lansia (BKL), Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). Selain itu mengoptimalkan teknologi untuk tetap bisa berkomunikasi dengan seluruh masyarakat.

“Yang kami miliki dioptimalkan dari mulai kader di Kampung KB sampai kader yang ada di kecamatan. Kami juga maksimalkan media sosial,” paparnya.

Terobosan lain, dinasnya membuat aplikasi Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) berbasis IT yang didukung Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (DKIS). Aplikasi ini lebih memudahkan para PKB dan kader untuk menjangkau masyarakat. Sehingga program tetap berjalan.

“Ada aplikasi juga yang dibuat oleh DKIS. Selanjutnya disosialisasikan oleh kader,” ungkapnya.

Di tengah pandemi tambah Budi, intensitas berinteraksi dengan masyarakat lebih sedikit dibanding sebelumnya. Namun tetap membuka pelayanan bagi masyarakat Kota Cirebon. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top