Connect with us

Kemenag Kota Cirebon Mulai Sosialiasi SE Terkait Panduan Ibadah Ramadhan

Berita Cirebon Radio

Kemenag Kota Cirebon Mulai Sosialiasi SE Terkait Panduan Ibadah Ramadhan

KESAMBI [89,2 CR] – Kementerian Agama (Kemenag) telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 03 tahun 2021 tentang panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2021. Dalam SE tersebut seluruh ibadah tidak dibatasi namun tetap menaati protokol kesehatan.

Kasi Bimas pada Kemenag Kota Cirebon Slamet menyimpulkan, pelaksanaan ibadah di bulan ramadhan diperbolehkan seperti biasanya hanya yang perlu diperhatikan protokol kesehatan dan tempat ibadah. Pengurus hanya diperbolehkan menampung 50 persen dari jumlah kapasitas.

“Prokes dan 3M harus dijalankan dengan baik dan itu sifatnya wajib,” kata dia saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/04/21).

Bukan hanya itu, buka puasa bersama dan shaur diperbolehkan asal dibatasi jumlahnya. Pengelola juga wajib menerapkan prokes kepada pengunjung.

Slamet menambahkan, ceramah hanya dibatasi maksimal 10 menit baik setelah subuh atau sebelum masuk adzan magrib. Isi ceramah dalam aturan lebih kepada ibadah puasa terkait bulan ramadhan.

“Ceramah dibatasi dan isinya juga diatur dalam SE,” tambahnya.

Masih kata Slamet, untuk pengawasan pihaknya melibatkan tenaga penyuluh yang ada di setiap kecamatan. Nantinya mereka akan melaporkan situasi pelaksanaan ibadah ramadhan. Namun pihaknya belum bisa memberikan sanksi bagi yang melanggar.

“Sanksi diatur dalam SE Walikota Cirebon dan masuk dalam satgas COVID-19,” katanya.

Dalam SE Walikota nantinta akan diatur mana saja zonasi COVID-19. Satgas akan memutuskan lokasi mana yang diijinkan melaksanakan ibadah ramadhan dan mana yang dilarang. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top