Connect with us

Kesbangpol Kabupaten Cirebon Ingatkan Ormas Tertib Lapor

Berita Cirebon Radio

Kesbangpol Kabupaten Cirebon Ingatkan Ormas Tertib Lapor

SUMBER [89,2 CR] – Ratusan ormas Terdaftar di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Cirebon. Namun hanya puluhan yang sudah berbadan hukum sedangkan sisanya belum melengkapi.

Kepala Kesbangpol Kabupaten Cirebon, Iwan Ardiawan menyebutkan, berdasarkan data tahun 2019, terdapat 208 ormas yang belum berbadan hukum dan 70 ormas yang sudah berbadan hukum. Dalam hal ini Kesbangpol hanya mengingatkan untuk segera melengkapi berkas.

“Kami hanya bisa mengimbau dan mengingatkan tidak bisa bertindak lebih karena itu (Legalitas) kewenangan pemerintah pusat,” ujar Iwan diruang kerjanya, Senin (15/06/20).

Lebih lanjut Iwan menjelaskan, berdasarkan Permendagri No 57 Tahun 2017 tentang ormas menyebutkan bahwa penerbitan izin dan sebagainya kewenangan pusat, sedangkan Kesbangpol hanya sebatas tembusan, pemantauan dan pembinaan.

“Sejak ada aturan baru kewenangan kami sangat terbatas, namun kami maksimalkan untuk melakukan pembinaan ormas yang sejalan dengan UUD 45 dan Pancasila,” paparnya.

Pihaknya melakukan pembinaan kepada ormas sebanyak lima kali dalam setahun. Pembinaan lebih menekankan kepada kecintaan terhadap Pancasila dan NKRI. Selain itu dinasnya mengimbau ormas memiliki badan usaha untuk menghidupi organisasinya.

“Biasanya kami kumpulkan kemudian kami berikan pembinaan. Kami juga meminta mereka harus memiliki bidang usaha,” ujarnya.

Terkait dana stimulan, iwan menegaskan, pemkab Cirebon tidak menganggarkan. Namun ormas bisa mendapatkan anggaran berdasarkan pengajuan proposal atau program, itu pun harus diverifikasi ulang untuk memastikan keberadaannya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top