Connect with us

Komisi I DPRD Kota Cirebon Sidak ke Pelabuhan

Berita Cirebon Radio

Komisi I DPRD Kota Cirebon Sidak ke Pelabuhan

KEJAKSAN [89,2 CR] – Komisi I dan Ketua DPRD Kota Cirebon melihat langsung proses bongkar muat batu bara yang dikeluhkan warga sekitar Pelabuhan, Senin (14/9/20). Dari hasil tinjauan, proses bongkar muat batu bara telah ternyata telah mencemari lingkungan sekitar.

Bahkan komisi I DPRD Kota Cirebon kaget bongkar muat batu bara di Pelabuhan Cirebon menjadi pemasok utama pabrik di Jawa Barat. Puluhan ton batu bara dikirim ke pabrik-pabrik, sementara masyarakat hanya mendapatkan dampak dari proses tersebut.

Anggota Komisi I DPRD Kota Cirebon, Dani Mardani mengatakan, Pelindo II Cirebon mengklaim telah membuat langkah antisipasi pencemaran udara di sekitar Pelabuhan. Diantaranya pemasangan jaring dan penyemprotan saat bongkar muat dan armada yang mengangkut dalam keadaan bersih.

“Klaim telah menjalankan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah diamanatkan oleh Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP). Tapi kenapa debu masih masuk ke pemukiman warga. Ini yang harus bisa di jawab,” katanya.

Namun masyarakat sekitar Pelabuhan mengeluhkan bahwa tidak ada dana kompensasi dari Pelindo Cirebon. Hal demikian diketahui setelah beberapa lalu masyarakat mengadukan kepada DPRD Kota Cirebon bahwa kompensasi Pelindo tidak sampai ke masyarakat.

“Dasar kami pengaduan dari masyarakat kemudian kami tindaklanjuti dengan kunjungan di lapangan,” paparnya.

Dalam waktu dekat pihaknya akan mengundang seluruh pihak yang berkaitan dengan bongkar muat baru bara dan masyarakat sekitar. Dari pertemuan itu diharapkan persoalan ini tidak kembali muncul.

“Kami akan panggil dan pecahkan solusi bersama-sama,” ungkapnya. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

Trending

Berita Cirebon Radio

To Top