Connect with us

Komisi II Kecewa PDAM Kota Cirebon Ingkar Janji

Berita Cirebon Radio

Komisi II Kecewa PDAM Kota Cirebon Ingkar Janji

KEJAKSAN – [89,2 CR] – Rapat optimalisasi pelayanan air minum antara Komisi II DPRD Kota Cirebon degan Perumda Tirta Giri Nata atau biasa dikenal PDAM berlangsung tegang. Pasalnya PDAM tidak mampu janji untuk menyediakan air bersih secara normal kepada pelanggan. Padahal pada pertemuan sebelumnya PDAM mengaku sanggup asalkan resevoir rampung dikerjakan.

Anggota Komisi II, dr Doddy Ariyanto menilai PDAM tidak mampu melaksanakan komitmen yang disampaikan beberapa bulan lalu. Padahal waktu yang diberikan cukup untuk menyelesaikan sambungan pipa distribusi.

“Pada pertemuan di awal tahun kami minta kapan masyarakat bisa menikmati air secara normal, mereka (PDAM) berjanji pada bulan Mei atau Juni. Nyatanya, belum bisa menepati janjinya sendiri,” tegas dr Doddy disela – sela rapat, Kamis (4/06/20).

Menurut Doddy, masa pandemi Covid-19 bukan alasan menghambat mengerjakan proyek tersebut, karena air bersih merupakan kebutuhan dasar.  Masyarakat sangat membutuhkan pelayanan air bersih ditengah masa pandemi Covid-19.

“Coba ajukan ke pemerintah pusat kalau memang dasarnya Covid-19. Air bersih itu kebutuhan utama masyarakat dan sangat dibutuhkan, kami yakin pemerintah pusat tidak akan menolak jika proyek tetap dilanjutkan,” ungkap dia.

Sementara itu Direktur Perumda Tirta Giri Nata, Sofyan Satari menyampaikan bahwa PDAM tidak berani menyambungkan pipa distribusi dari resevoir yang baru ke Jaringan Distribusi Utama (JDU) di masa pandemi Covid-19. Ia beralasan air menjadi kebutuhan utama saat ini, jika mengerjakan sambungan otomatis harus ada pengehentian distribusi air, sementara proses penyambungan membutuhkan waktu yang lama.

“Protokol kesehatan pencegahan Covid-19 salah satunya ada komponen air, kami tidak bisa bayangkan jika air dihentikan untuk waktu yang cukup lama,” jelas Opang panggilan akrabnya.

Opang mengakui hampir 80 persen pelanggan PDAM bergantung pada pipa distribusi lama. Pelanggan akan menghakimi PDAM dengan kondisi tersebut. Setelah pandemi berakhir PDAM secepatnya melakukan pengerjaan, sehingga pelanggan dapat menikmati air bersih secara normal. [Wlk]

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

More in Berita Cirebon Radio

To Top